Dark/Light Mode

Jokowi Terima Kunjungan PM Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Bogor

Jumat, 26 Januari 2024 11:36 WIB
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao saat memberikan keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).  (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao saat memberikan keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024). (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024). Xanana tiba di Istana Bogor sekitar pukul 9 pagi. Ia kemudian disambut pasukan berkuda dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Turun dari mobil, Xanana disambut hangat oleh Presiden Jokowi yang menunggu di halaman Istana Bogor. Setelah itu, kedua pemimpin mengikuti prosesi upacara penyambutan resmi. Lagu kebangsaan dari kedua negara dikumandangkan diiringi dentuman meriam. Prosesi dilanjutkan dengan inspeksi pasukan kehormatan.

Baca juga : Jokowi Terima Kunjungan Presiden Tanzania di Istana Bogor

Saat melewati barisan anak-anak sekolah yang berbusana adat, Xanana terlihat memberikan salam dan penghormatan dengan membungkukkan badan ke barisan anak sekolah tersebut.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Xanana untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan. 

Baca juga : Jokowi Puji Permainan Timnas Saat Kalahkan Vietnam Di Piala Asia 2023

Kedua pemimpin kemudian menuju area veranda untuk berbincang sejenak sebelum melakukan penanaman pohon  bersama. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan melakukan penanaman bersama pohon merawan.

Kepala Negara dan PM Xanana kembali ke Istana Bogor untuk menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.