Dark/Light Mode

Sebulan Jelang Pencoblosan

Semua Teriak Curang, Semua Teriak Menang

Senin, 15 Januari 2024 08:37 WIB
Capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (kanan), capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (kiri), dan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (Foto: Antara)
Capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (kanan), capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (kiri), dan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebulan jelang hari pencoblosan, masing-masing pasangan Capres-Cawapres makin kencang kampanye, juga membangun narasi. Baik Paslon 01, 02, maupun 03, sama-sama teriak bakal menang. Di sisi lain, semua Paslon juga sama-sama teriak curang. Siapa benar, biar rakyat yang menentukan...

Di masa-masa injury time ini, ketiga Paslon makin gaspol melakukan kampanye. Baik kampanye di dunia nyata, maupun dunia maya. Masing-masing Capres maupun Cawapres rajin kampanye ke berbagai daerah. Meskipun sama-sama mengklaim menang, masing-masing Paslon gencar menemui berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari pengusaha, anak-anak muda, ulama, santri, hingga rakyat biasa.

Baca juga : Puan Tak Segalak Hasto

Tak hanya itu, makin ke sini, gerakan menang Pilpres 1 putaran makin kencang di suarakan. Kemarin (14/1/2024) misalnya, sejumlah kelompok relawan dari Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendeklarasikan menang satu putaran. Di hari yang sama, relawan Ganjar-Mahfud melakukan kampanye serupa di sejumlah daerah.

Di tengah makin gencarnya kubu Capres-Cawapres nomor urut 02 melakukan sosialisasi menang satu putaran, Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD justru tengah melakukan penjajakan. Kedua Paslon itu membuka peluang untuk bersatu bila Pilpres 2024 berlangsung 2 putaran.

Baca juga : Pencoblosan Di Luar Negeri Berlangsung Sepuluh Hari

Ketum Golkar Airlangga Hartarto tak khawatir dengan manuver tersebut. Menko Perekonomian ini optimis pasangan Prabowo-Gibran yang diusung partainya akan menang satu putaran. “Ya, melihat potensinya sekali putaran. Optimis sekali satu putaran,” kata Airlangga, di kawasan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (14/1/2024).

Tak hanya mengklaim akan memenangkan pertarungan, masing-masing kubu juga menuding kubu lawan melakukan kecurangan. Kubu Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran menuding kubu Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud melakukan kecurangan. Wakil Ketua TKN Habiburokhman menyebut ada 16 kasus dugaan kecurangan yang dilakukan kubu 1 dan 3.

Baca juga : Relawan Mas Gibran Bagikan Sembako Dan Gelar Mancing Bareng Warga

Habiburokhman bahkan menuding Mahfud MD melakukan kecurangan dengan membuka pengaduan pelanggaran pemilu di kantor Kemenko Polhukam yang dianggap berpotensi menyalahkan gunakan kewenangan. Selain itu, TKN Prabowo-Gibran mengungkapkan soal dugaan kecurangan yang dilakukan Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar.

Wakil Komandan Alpha (Teritorial) TKN Prabowo-Gibran, Fritz Edward Siregar menuding Cak Imin melibatkan para tenaga pendamping desa untuk masuk dalam barisan Satu Juta Jubir Desa Anies-Muhaimin (Amin).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.