Dark/Light Mode

Gempa Terkini Berkekuatan Magnitudo 5.3 Guncang Tanimbar, Warga Diimbau Waspada

Selasa, 13 Februari 2024 03:52 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Tanimbar, Selasa (13/2). (Foto: BMKG)
Ilustrasi pusat gempa di Tanimbar, Selasa (13/2). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.3 mengguncang kawasan Tanimbar, Maluku pada Selasa (13/2) dini hari, pukul 03:29 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat lokasi gempa berada di 6.39 Lintang Selatan dan 130.18 Bujur Timur, sekitar 215 kilometer Barat Laut Tanimbar, dengan kedalaman mencapai 179 kilometer.

Baca juga : Gempa M 4,5 Guncang Sukabumi, Terasa Hingga Cianjur

BMKG juga menginformasikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Namun, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi. 

Baca juga : Kampanye Tatap Muka Di Magetan, Ibas Dicurhati Harga Sembako Makin Mahal

Gempa dengan kedalaman 179 kilometer membuat getaran yang terasa tidak sekuat gempa dengan kedalaman yang lebih dangkal. 

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan adanya dampak yang parah akibat gempa tersebut. Baik kerusahan bangunan ataupun korban jiwa.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 4,1 Guncang Nias Barat, Sumatra Utara, Selasa Pagi

Gempa bumi memang merupakan salah satu risiko alam yang dapat terjadi di wilayah Indonesia, yang berada di Cincin Api Pasifik. 

Oleh karena itu, kewaspadaan dan kesiapan masyarakat serta pemerintah daerah menjadi hal yang sangat penting untuk mengurangi dampak yang mungkin timbul akibat gempa bumi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.