Dark/Light Mode

Hasto: PDIP Siap Jadi Oposisi

Kamis, 15 Februari 2024 19:15 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Ist).
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil hitung cepat Pilpres 2024 menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai pemenang dengan perolehan suara 58 persen. Menanggapi hal tersebut, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya siap menjadi oposisi. 

"Kami siap berjuang di luar pemerintahan dan parlemen, untuk menjalankan tugas check and balance," kata Hasto, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/2/2024).

Baca juga : Debat Cawapres Jadi Tontonan Mahasiswa

Politisi asal Yogyakarta itu mengungkapkan, berada di luar pemerintahan, adalah suatu tugas patriotik dan pernah dijalani PDIP pasca Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

“Saat kami berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” ungkapnya. 

Baca juga : Hasto: PDIP Terima Pengunduran Diri Maruarar

Hasto lalu menceritakan berbagai dinamika pada pilpres 2009 yang menurut dia juga terjadi pada Pemilu 2024. Karena itu, kata Hasto, selain berjuang di luar pemerintahan atau di DPR, PDI-P akan berjuang lewat jalur partai bersama rakyat.

“Karena apa pun yang terjadi dalam dinamika politik nasional kami punya kewajiban untuk menyampaikan apa yang terjadi kepada rakyat,” cetusnya.

Baca juga : Hensat: PDIP, Gerindra Dan PKB Akan Jadi Pemenang Pemilu

Hasto menegaskan, partainya pun siap berjuang bersama gerakan masyarakat sipil prodemokrasi yang saat ini jumlahnya lebih banyak dibanding pada Pemilu 2009.

Berdasarkan hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survei menyebut bahwa perolehan suara paslon nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli paslon nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.