Dark/Light Mode

Soal AHY Dilantik Jadi Menteri ATR, Demokrat: Jika Negara Memanggil, Siap!

Selasa, 20 Februari 2024 18:42 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Instagram)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan akan dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Rabu, 21 Februari 2024. Menanggapi kabar tersebut, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, jika negara memanggil, AHY siap melaksanakan tugas. 

Herzaky mengatakan, reshuffle kabinet hak adalah prerogatif Presiden. Partainya menghormati betul hak Presiden. "Jadi, apakah akan ada pelantikan menteri, lalu siapa menterinya, tentu beliaulah yang tahu. Silahkan ditanyakan kepada beliau," kata Herzaky, kepada RM.id, Selasa (20/2/2024). 

Baca juga : Bawaslu Jamin Kebebasan Pers Terjaga Selama Masa Tenang Pemilu 2024

Herzaky menambahkan, jika negara memanggil, Mas AHY siap memenuhi panggilan tugas dari negara. 

"Namanya prajurit, beliau selalu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Dulu di militer, lalu sekarang di medan politik. Ke depan, tentu beliau selalu siap memenuhi panggilan tugas untuk bangsa dan negara," paparnya. 

Baca juga : Para Menteri Tak Terganggu Pilpres

Dikonfirmasi terpisah, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan tak membantah terkait kabar tersebut. “Semoga ya, kita tunggu saja,” kata Syarief. 

Sebelumnya, Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mengaku mendapat informasi AHY akan mengisi posisi Menteri ATR/BPN. Sementara, menurut kabar yang beredar, Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menko Polhukam yang sebelumnya diisi oleh Mahfud MD. "Mengapa AHY? Karena sekarang ini sudah bagian daripada pemerintahan Jokowi mendukung paslon nomor urut 2," kata Guspardi. 

Baca juga : Menteri BKS Kembangin Bandara Kepulauan Riau

Menurut dia, wajar bila Presiden Jokowi memberikan kesempatan kepada AHY untuk duduk di kursi Kabinet Indonesia Maju. "Ini adalah hak prerogatif presiden," katanya.

Presiden Jokowi tak berkomentar panjang lebar mengenai kabar akan melantik AHY. "Besok ditunggu jam 10.00 WIB," kata Jokowi kepada wartawan di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.