Dark/Light Mode

2 Petugas KPPS Di Lampung Selatan Meninggal, Ada Yang Kesetrum Dan Kelelahan

Kamis, 22 Februari 2024 18:39 WIB
Ilustrasi petugas KPPS. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Ilustrasi petugas KPPS. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesta demokrasi juga diwarnai duka di Lampung Selatan. Dua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia setelah pemungutan suara Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lampung Selatan Irsan Didi menyebutkan, dugaan penyebab kemarian dua petugas KPPS ini berbeda satu dengan lainnya.

Pertama, Komang Putu Astawan. Anggota KPPS 03 Desa Trimomukti, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan ini ditemukan meninggal dunia di sawah. 

Baca juga : Tiga Petugas KPPS Kalbar Meninggal Dunia, Diduga Akibat Kelelahan

Ia diduga Komang tersengat aliran listrik. “Diduga akibat tersetrum aliran listrik di sawah,” kata Irsan Didi, dilansir ANTARA, Kamis (16/2).

Sementara itu, Hariyadi (30), seorang petugas Linmas di TPS 13 Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, meninggal dunia karena kelelahan setelah bertugas mengamankan perhitungan suara.

“Anggota Linmas meninggal dunia karena kelelahan,” lanjutnya.

Baca juga : 84 Petugas Pemilu Meninggal, Menkes: Skrining Kesehatan Tekan Angka Kematian

KPU Lampung Selatan menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya dua petugas penyelenggara pemilu tersebut. 

Irsan mengatakan, KPU telah mengantisipasi kecelakaan kerja dengan mengikutsertakan seluruh badan ad hoc menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pihaknya juga mencatat 40 petugas penyelenggara pemilu yang sakit dan dirawat di rumah sakit dan puskesmas. Mayoritas sakit karena kelelahan, batuk, dan DBD.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.