Dark/Light Mode

Tiga Petugas KPPS Kalbar Meninggal Dunia, Diduga Akibat Kelelahan

Rabu, 21 Februari 2024 18:04 WIB
Ilustrasi pertugas KPPS di Pemilu 2024. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Ilustrasi pertugas KPPS di Pemilu 2024. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melaporkan tiga petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum 2024 meninggal dunia.

"Salah satu petugas KPPS berasal dari Kabupaten Landak, satu dari Kabupaten Sambas, dan satu lagi dari Kubu Raya," kata Anggota KPU Kalimantan Barat, Suryadi, dilansir Info Publik, Rabu (21/2/2024).

Namun, belum diketahui secara detail mengenai riwayat kesehatan petugas KPPS yang meninggal.

Baca juga : 84 Petugas Pemilu Meninggal, Menkes: Skrining Kesehatan Tekan Angka Kematian

"Laporan awal menunjukkan bahwa kelelahan menjadi faktor utama, dengan faktor usia juga memainkan peran penting," lanjutnya.

Kejadian ini menjadi perhatian serius KPU dan mengingatkan petugas KPPS untuk menjaga kesehatan. 

Suryadi menyarankan agar petugas KPPS memperhatikan pola kerja, beristirahat jika merasa lelah, dan disarankan untuk bergantian dalam menjalankan tugas.

Baca juga : Moeldoko Pastikan Hak Petugas Pemilu Yang Meninggal Dunia Terpenuhi

"Di tingkat kecamatan, petugas medis telah disiagakan untuk memberikan pertolongan kepada petugas KPPS yang membutuhkan perawatan medis akibat kelelahan," ungkapnya.

Ketua KPU Kota Pontianak, David Teguh, juga mencatat bahwa beberapa petugas KPPS mengalami kelelahan hingga harus dirawat di rumah sakit. 

Meskipun demikian, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan tetap berlanjut, dengan kotak suara dikembalikan dan proses rekapitulasi di tingkat PPK dimulai sejak 15 Februari hingga 2 Maret 2024.

Baca juga : Pemilu 2024 Makan Korban

"Ke depan, diperlukan pengaturan mekanisme kerja yang baik dan peningkatan asupan makanan dan vitamin bagi petugas KPPS untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh mereka selama proses pemilu," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.