Dark/Light Mode

Bang Foke Dukung Ali Sadikin Jadi Pahlawan Nasional

Jumat, 23 Februari 2024 19:49 WIB
Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo. Foto: Istimewa
Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo, menyambut positif pengusulan Ali Sadikin menjadi pahlawan nasional. Ia lantas mengenang figur Gubernur Jakarta ke-7 itu.

"Saya termasuk bagian dari laskarnya Ali Sadikin yang masih tersisa. Barangkali juga saya anak didik Ali Sadikin sampai pencalonan saya dan menjadi Gubernur Jakarta," ucapnya saat menjadi pembicara kunci dalam seminar pencalonan Ali Sadikin menjadi pahlawan nasional di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis (22/2/2024).

Menurut Bang Foke, sapaan karibnya, Ali Sadikin layak menjadi pahlawan nasional karena dianggap figur pemimpin demokratis. Gubernur Jakarta 1966-1977 itu pun menjunjung tinggi dan memperjuangkan hak kebebasan setiap orang dalam mengekpresikan diri.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Dukung Gerakan Nasional BBI dan BBWI

"Terlepas dari kontribusi Ali Sadikin sejak menjadi bagian dari marinir, Gubernur Jakarta, dan Menteri Perhubungan Laut semasa pemerintahan Sukarno, sosok Ali Sadikin juga memiliki pandangan bahwa kekuasaan harus terbatas dan yang membatasi kekuasaan adalah kemanusiaan atau kehendak rakyat dan kepentingan umum," tuturnya.

Selama memimpin Jakarta, ungkap Bang Foke, Ali Sadikin berkontribusi besar pada pembangunan Ibu Kota.

"Bahkan, beliaulah yang membangun pondasi Jakarta modern dan kita hanya melanjutkan apa yang sudah dibangun," jelasnya.

Baca juga : Insya Allah BTN Syariah Jadi Second Big Player

"Baginya, kekuasaan harus diselenggarakan berdasar hukum dan bukan hukum dijalankan berdasarkan kekuasaan," tambahnya.

Di sisi lain, Bang Foke menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim penyusun usulan tersebut. Menurutnya, hampir tanpa celah bahkan beberapa referensi yang dikutip hampir terlupakan.

"Saya berharap, baik narasumber maupun peserta seminar dapat membahas hingga naskah ini menjadi sempurna," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.