Dark/Light Mode

Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Wide-Body Untuk Jemaah Haji Tahun Ini

Jumat, 23 Februari 2024 20:27 WIB
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menandatangani kerja sama pengangkutan udara jemaah haji reguler di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (22/02) kemarin.
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menandatangani kerja sama pengangkutan udara jemaah haji reguler di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (22/02) kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia menyiapkan sedikitnya 14 armada pesawat berbadan lebar atau wide-body, untuk calon jemaah haji asal Indonesia di musim Haji 1445 H/2024 M. 

Keempat belas pesawat tersebut akan digunakan untuk melayani calon jemaah haji menuju Tanah Suci mulai tanggal 12 Mei - 21 Juli 2024. Pada tahun ini, Garuda Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menyediakan layanan penerbangan haji bagi sedikitnya 109.072 calon jemaah.

Kesiapan operasional penerbangan haji ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengangkutan Udara Jemaah Haji Regular dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Kelompok Terbang 1445 Hijriah/2024 Masehi. 

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (22/02) kemarin.

Irfan mengatakan, penandatanganan kerja sama ini merupakan kebanggaan bagi Garuda Indonesia yang sudah lebih dari enam dekade melayani penerbangan haji.

Baca juga : Garuda Indonesia Rilis Pesawat Bergambar Kartun Lucu Pokemon

Hal ini, sebutnya menambah motivasi Garuda Indonesia untuk terus terus meningkatkan layanan penerbangan bagi seluruh calon jemaah.

“Salah satunya kami wujudkan dengan memastikan ketersediaan 14 armada berbadan lebar, di antaranya A330-300 dan B777-300ER, yang kami pastikan sesuai dengan standar pelayanan transportasi haji,” jelasnya.

Irfan melanjutkan, bahwa Garuda Indonesia terus berupaya menghadirkan layanan penerbangan haji yang aman dan nyaman bagi jemaah lansia. Termasuk bagi mereka yang jarang atau belum pernah melakukan penerbangan jarak jauh.

Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga akan menghadirkan inflight entertainment bernuansa islami. "Sajian makanan juga disesuaikan dengan menu khas daerah embarkasi," imbuhnya.

Pada tahun 2024 ini, Garuda Indonesia kembali dipercaya untuk melayani calon jemaah haji yang akan terbagi ke dalam 294 kelompok terbang (kloter).

Baca juga : Pertama Di Indonesia, PLN Operasikan Stasiun Pengisian Hidrogen Untuk Kendaraan

Calon jemaah ini akan diberangkatkan dari 9 embarkasi, seperti Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Para calon jemaah haji ini nantinya akan diberangkatkan secara bertahap menuju Tanah Suci mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024, dengan keberangkatan menuju Madinah pada 12 – 23 Mei 2024 dan keberangkatan menuju Jeddah pada 24 Mei – 10 Juni 2024. Selanjutnya, fase pemulangan jemaah akan dimulai pada tanggal 22 Juni sampai dengan 21 Juli 2024.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, mengapresiasi upaya Garuda Indonesia dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh Jemaah Haji Indonesia. 

Apalagi jumlah jemaah lansia, sebutnya semakin bertambah. Ia memperkirakan akan ada lebih dari 45.000 calon Jemaah lansia pada tahun 2024. 

"Tentunya value Haji ramah lansia dapat terus dikembangkan," pesan Hilman.

Baca juga : Hadirkan Inovasi, DKT Indonesia Resmi Kenalkan Dua Produk Terbaru

Selain itu, tahun ini pihaknya juga bekerja sama dengan imigrasi Saudi Arabia dalam meluncurkan layanan fast track keimigrasian di 2 kota. Jemaah Garuda Indonesia di Solo dapat menikmati layanan fast track tersebut. 

"Kami tentunya berharap kiranya pelaksanaan Haji tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar," kata Hilman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.