Dark/Light Mode

4 Rumah Menteri Di IKN Kelar

2 Lantai, Perabotannya Lengkap

Minggu, 25 Februari 2024 08:00 WIB
Inilah bentuk rumah dinas menteri di IKN Nusantara. (Foto: Kementerian PUPR)
Inilah bentuk rumah dinas menteri di IKN Nusantara. (Foto: Kementerian PUPR)

 Sebelumnya 
Lantai basement diperuntukkan kamar tidur supir, kamar mandi, dan ruang jaga. Lantai pertama untuk area kedinasan, sedangkan lantai kedua merupakan area privat keluarga.

Ruang tengah digunakan untuk ruang santai dan keluarga yang tersambung dengan dapur. Ruang keluarga dilengkapi sofa panjang, meja, dan TV layar datar dengan backdrop marmer. Di sisi lain ada dua kursi santai. Ruang tengah menyatu dengan ruang makan. Di bagian ruang makan, disediakan meja panjang dengan 8 kursi.

Rumah para menteri ini juga dilengkapi ruang kerja yang dilengkapi rak buku transparan beraksen kayu warna coklat. Untuk kamar mandi, dilengkapi satu set wastafel, cermin hingga pengering tangan.

Baca juga : KPU Putuskan Hitung Suara Ulang Di 1.747 TPS

Berapa biaya untuk membangun rumah untuk para menteri ini? Dalam rapat Kementerian PUPR dengan DPR pada awal tahun 2023 disebutkan, anggaran pembangunan rumah untuk para menteri adalah Rp 519,06 miliar. Jika dibagi 36, artinya per unit rumah menelan biaya sekitar Rp 14 miliar. Anggaran tersebut sudah termasuk perabotan di dalam rumah menteri. Dengan begitu rumah jabatan menteri di IKN siap huni.

Selain rumah dinas, para menteri juga akan dapat fasilitas kendaraan pribadi. Mobil dinas ini, hanya diperuntukan buat presiden dan para menteri saja. Sementara, pejabat lainnya diwajibkan memanfaatkan transportasi umum.

“Pejabat pemerintah tidak akan punya mobil dinas resmi,” ujar Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim.

Baca juga : Idealnya, Setiap Kelurahan Mempunyai Sekolah Negeri

Menurut dia kebijakan itu merupakan komitmen pembangunan IKN sebagai kota ramah lingkungan. Yakni dengan 80 persen transportasi publik dan 100 persen kendaraan listrik.

“Inti pesannya adalah memang sebagai konsistensi dari kebijakan public transport sebagai moda utama untuk bermobilitas di IKN akhirnya sampai to the point kita, pemerintah di sana pun harus memberikan contoh,” jelasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 25 Februari 2024 dengan judul 4 Rumah Menteri Di IKN Kelar, 2 Lantai, Perabotannya Lengkap

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.