Dark/Light Mode

Pidato Sehari Setelah Jadi Jenderal, Prabowo Bicara HAM

Jumat, 1 Maret 2024 08:45 WIB
Prabowo di acara Wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI). (Foto: Ist)
Prabowo di acara Wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sehari setelah menerima gelar jenderal kehormatan dari Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pidato soal Hak Asasi Manusia (HAM). 

Hal tersebut dikatakan Prabowo di acara Wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) yang digelar di Trans Convention Center, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/2/2024). 

Dalam pidatonya, Prabowo menyindir, kaum intelektual dari negara lain yang kerap menyuarakan soal HAM kepada Indonesia, tapi diam melihat situasi di Gaza, Palestina.

Baca juga : Pro Kontra Prabowo Jadi Jenderal, Pengamat: Itu Sudah Lewat Sidang Wanjakti TNI

"Ada bangsa-bangsa tertentu selalu ngajarin (mengajari) kita HAM, HAM, HAM, demokrasi, tetapi di Gaza, ribuan anak, ribuan ibu-ibu dibantai, dibunuh, dibom, mereka diam. Mereka bilang itu bukan pelanggaran HAM," kata Prabowo. 

Prabowo menyatakan, Indonesia sangat mengagumi negara lain jika mengusulkan terobosan mengenai permasalahan HAM. Bahkan, Indonesia sampai tidak percaya diri untuk bersikap. Karenanya, Ketua Umum Partai Gerindra itu mengingatkan publik soal kepentingan masing-masing negara.

"Kadang-kadang apa yang dikatakan oleh negara-negara tertentu, kita iya aja terus. Padahal, saya katakan pelajaran sejarah mengajarkan tiap bangsa hanya akan mengutamakan kepentingannya sendiri," papar Prabowo. 

Baca juga : Hari Ini Diresmikan Jadi Jenderal, Prabowo Setara SBY-Luhut

Lebih jauh, Prabowo juga bicara soal bagaimana cara agar Indonesia bisa menjadi negara yang lebih mandiri dan tak bergantung kepada negara-negara lain. Menurutnya, hal tersebut bisa diwujudkan dengan peran anak-anak muda yang tangguh dan cerdas.

"Kita butuh anak-anak muda yang cerdas, yang pintar sebagai calon-calon pemimpin. Dalam waktu dekat, saudara bisa saja nanti menjadi pemimpin," ucapnya.

Untuk diketahui, Prabowo resmi mendapat kenaikan pangkat kehormatan menjadi jenderal bintang empat. Presiden Jokowi yang menyematkan tanda pangkat tersebut, membantah pemberian pangkat ini politis.

Baca juga : AHY Langsung Tancap Gas

Menurut Jokowi, penganugerahan tersebut merupakan bentuk penghargaan dan peneguhan dedikasi kepada rakyat, bangsa, dan negara. "Saya ucapkan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi.

Prabowo kemudian menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas pemberian anugerah dan kehormatan tersebut. Ucapan tersebut disampaikan Prabowo melalui akun Instagram miliknya, @prabowo. Dalam unggahan itu, eks Danjen Kopassus itu juga menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri serta serta seluruh prajurit TNI dan Polri di seluruh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.