Dark/Light Mode

Dievakuasi Helikopter, Ini Kondisi 20 ABK Asal WNI Korban Kapal Kandas Di Jepang

Selasa, 5 Maret 2024 21:58 WIB
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Kemlu, Lalu M Iqbal. (Foto: Ist)
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Kemlu, Lalu M Iqbal. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapal Penangkap Ikan Tuna, Fukuei-maru nomor 8 yang mengangkut 25 kru kandas di Kepulauan Izu, Tokyo, Jepang pada 3 Maret 2024. Dari 25 kru, ada 20 Warga Negara Indonesia (WNI) bekerja di kapal tersebut.

KBRI Tokyo memastikan, ke-20 WNI tersebut selamat dari kecelakaan kapal yang disebabkan kerusakan mesin tersebut.

Baca juga : Kemlu Laporkan Kondisi WNI Pasca-Gempa Tsunami Jepang

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Lalu M Iqbal mengatakan, KBRI Tokyo telah menerima info dr Japan Coast Guard (JCG) di Shimoda, Shizuoka mengenai kecelakaan kapal Fukuei-maru. 

Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Kagoshima di Prefektur Kagoshima. Total ada 25 orang di kapal, yang terdiri atas 1 kapten, 2 orang officer serta 22 ABK, termasuk 20 diantaranya WNI. Seorang awak kapal tewas dan 24 lainya.

Baca juga : PUPR Gandeng ESQ Siapkan Calon Pimpinan Masa Depan

"Seluruh WNI/ABK selamat dan telah dievakuasi menggunakan helikopter JCG Shimoda ke RS terdekat di Kozushima, Tokyo. Satu orang luka, namun sudah dalam perawatan," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/3).

Jubir menambahkan, KBRI telah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta JCG Shimoda. Selanjutnya, KBRI juga akan berkoordinasi langkah-langkah ke depan. Termasuk terkait pemulangan WNI ke tanah air.

Baca juga : Covid Melonjak Lagi, Ini 10 Gejala Yang Paling Banyak Dikeluhkan

"Sementara ini seluruh WNI akan diantarkan ke KBRI Tokyo pada tanggal 7 Maret untuk disiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan," pungkasnya.

Diketahui, kapal tersebut meninggalkan pelabuhan pada Minggu pagi untuk menangkap ikan. Pada pukul 5 sore, terjadi kerusakan mesin. Karena kondisi cuaca buruk, kapal tersebut kandas pada pukul 22.50 waktu setempat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.