Dark/Light Mode

JPMB Sumbar Gandeng Future Leader Sukseskan Kemah Kebangsaan

Rabu, 6 Maret 2024 21:52 WIB
Jaringan Penggerak Moderasi Beragama (JPMB) Sumatera Barat sukses berkolaborasi dengan Future Leader menggelar kegiatan Kemah dan Deklarasi Kebangsaan di Pondok Pesantren Modern Nusul Ikhlas, di Tanah Datar, Sumbar, 2-3 Maret 2024. Foto: Istimewa
Jaringan Penggerak Moderasi Beragama (JPMB) Sumatera Barat sukses berkolaborasi dengan Future Leader menggelar kegiatan Kemah dan Deklarasi Kebangsaan di Pondok Pesantren Modern Nusul Ikhlas, di Tanah Datar, Sumbar, 2-3 Maret 2024. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaringan Penggerak Moderasi Beragama (JPMB) Sumatera Barat sukses berkolaborasi dengan Future Leader (FL) menggelar kegiatan Kemah dan Deklarasi Kebangsaan di Pondok Pesantren Modern Nusul Ikhlas, di Tanah Datar, Sumbar, 2-3 Maret 2024.

Direktur KMI Ponpes Nurul Ikhlas, Ustad Abdillah El Zakir menyambut baik acara yang diikuti 350 santri ini.

"Kegiatan Kemah kebangsaan dengan tema penguatan moderasi beragama di kalangan santriwan/wati menurut saya suatu hal yang positif, karena kegiatan ini mendukung program-program penyiaran agama Islam sebagai rahmatan lil'alamin," kata Ustad Abdillah.

Baca juga : Jelang Ramadan, Pj Gubernur Jateng Minta Kepala Daerah Pastikan Stok Pangan Aman

Sementara, Koordinator JPMB Wilayah Sumbar, M Hafiz Al Habsy menyampaikan kegiatan ini berbeda dengan sebelumnya. Gelaran kali ini, lebih menekankan pada pembentukan rekayasa sosial untuk mentransformasikan nilai-nilai moderasi beragama.

"Alhamdulillah ini kegiatan kedua kita di tahun 2024, Insya Allah akan ada lagi kegiatan-kegiatan selanjutnya. Namun secara konsep kali ini kita menggunakan konsep rekayasa sosial untuk mentransformasikan nilai-nilai mederasi beragama. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya yang berbentuk FGD atau diskusi," katanya.

Pimpinan FL Sumatera Barat, Fauzan Akhiyar menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan sekedar pembahasan teoritis, tetapi juga dilakukan simulasi penerapan nilai-nilai moderasi beragama.

Baca juga : Gandeng Indonesia Soken, Asthana Kemang Siap Ekspansi Pasar Internasional

"Kita dari Future Leader telah menyusun silabus tentang moderasi beragama, jadi di dalamnya bukan hanya pembahasan teoritis. Kita masukkan simulasi untuk pemgimpelementasian dari nilai-nilai moderasi agama ini," ucapnya.

Seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya, Kemah dan Deklarasi Kebangsaan ini diakhiri dengan deklarasi yang dilakukan di halaman Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas dengan poin-poin sebagai berikut.

1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa 2. Setia Kepada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. 3. Siap menguatkan toleransi untuk kerukunan umat beragama dengan menjaga citra Indonesia di luar negeri. 4. Siap melawan intoleransi, radikalisme, terorisme, dan separatisme untuk menjaga keutuhan NKRI.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Gandeng APDESI Sukseskan Program Prioritas

5. Siap mencegah dan menangkal adanya paham-paham ekstrem transnasional yang dapat mengancam ideologi bangsa. 6. Siap berkontribusi, berbakti dan bertanggung jawab untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.