Dark/Light Mode

Usul Bentuk Setgab, Demokrat Ngajak Prabowo Tiru SBY

Sabtu, 16 Maret 2024 08:20 WIB
Capres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto: Gerindra)
Capres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto: Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat mengusulkan kepada Prabowo Subianto untuk meniru SBY membentuk Sekretariat Gabungan (Setkab) Parpol Koalisi. Kehadiran Setkab untuk mem­perkuat koalisi parpol pemerintah.

Usulan itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bap­pilu) Partai Demokrat, Andi Arief. Kata Andi, daripada membentuk per­satuan nasional, lebih baik Prabowo-Gibran membentuk Setgab.

"Pemerintahan persatuan nasional itu hal biasa. Era Gus Dur dan Ibu Megawati juga menggunakan koalisi persatuan nasional," kata Andi, ke­pada wartawan, Jumat (15/3/2024).

Andi mengenang di era peme­rintahan SBY yang pernah mem­bentuk Setgab. Ketika itu, SBY se­laku Presiden langsung turun tangan menjadi Ketua Setgab. "Tergantung Presiden terpilih mau menggunakan atau memilih opsi lain seperti Set­gab 2009," ungkapnya.

Baca juga : Kecurangan Pemilu Mau Digugat 01 & 03, Gibran Nantang: Silakan, Buktikan!

Sekadar informasi, Ketua DPR periode 2009-2014, Marzuki Alie menjelaskan pembentukan Setgab bukan bertujuan untuk menggantikan peran Pemerintah. Mantan Sekjen De­mokrat itu juga menepis anggapan Set­gab bagian dari taktik partai tertentu.

Mendengar usulan Demokrat, Gol­kar yang juga merupakan parpol pen­dukung Prabowo-Gibran buka suara. Wakil Ketua Umum Golkar, Melchias Marcus Mekeng menilai, Setgab di era pemerintahan SBY tidak terlalu berdampak banyak.

Terpenting, sambung Mekeng, pe­merintahan itu didukung oleh koalisi parpol yang cukup kuat. Sehingga, per­jalanan bernegaranya bisa berjalan mu­lus. Dia khawatir, adanya Setgab justru semakin membuat parpol mengurus urusannya masing-masing. Karena itu, dia meramal pembentukan Setgab tidak akan efektif untuk bernegara.

"Belum ada contoh yang me­ngatakan bahwa koalisi ini atau Set­gab lah yang efektif," ucap Anggota Komisi XI DPR itu.

Baca juga : Caleg-caleg Beken Bertumbangan

Ketika ditanya seperti apa kondisi parpol pendukung Prabowo-Gibran sekarang, Mekeng menegaskan, dinamika politik sampai saat ini terus berlangsung. Ia menjelaskan, jika keputusan tertinggi ada di tangan Presiden terpilih.

"Kalau soal program-program itu kan mestinya program Presiden ya, bukan koalisi," imbuh Mekeng.

Lalu apa kata pengamat? Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC), Rio Prayogo mengatakan, saran politik dari partai pengusung kepada jagoannya sah-sah saja. Namun, menurut Rio, Setgab membuat posisi Presiden menjadi kurang leluasa. "Sehingga mudah dimoderasi oleh kekuatan Setgab," cetus Rio kepada Rakyat Merdeka, Jumat (15/3/2024).

Rio berharap, Prabowo yang meru­muskan sendiri skema politik dalam menjalankan pemerintahan ke depan. Mengingat, banyak agenda dan cita cita Prabowo yang selama ini harus diwujudkan di hadapan rakyat.

Baca juga : Masyarakat Jangan Panik

"PS (Prabowo Subianto) harus benar-benar jadi matahari yang bisa menyinari banyak kepentingan agar ke depan pemerintahannya berlangsung efektif," pungkas Rio.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 16 Maret 2024 dengan judul Usul Bentuk Setgab, Demokrat Ngajak Prabowo Tiru SBY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.