Dark/Light Mode

Caleg-caleg Beken Bertumbangan

Sabtu, 16 Maret 2024 08:00 WIB
Ilustrasi Caleg. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Caleg. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil perhitungan suara Pileg 2024 penuh kejutan. Banyak nama besar dan Caleg-caleg beken bertum­bangan dikalahkan pendatang baru.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara KPU, ada sejum­lah nama beken yang tumbang. Di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III misalnya, Caleg petahana dari PDIP seperti Djarot Saiful Hidayat dan Junimart Girsang "terjungkal" dan gagal ke Senayan.

Nama besar Djarot sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta dan juga Ketua DPP PDIP tidak mampu membuatnya otomatis kembali masuk DPR. Meski berhasil meraup 54.366 suara, Djarot hanya duduk di posisi keempat. Sedangkan di Dapil Sumatera Utara III, PDIP meraih dua kursi.

Baca juga : Masyarakat Jangan Panik

Begitu pula dengan Junimart. Walau berlabel politisi senior PDIP dengan latar belakang pengacara beken, dia gagal meraih 1 kursi dari 10 slot yang tersedia. Di hanya mengatongi 75.401 suara, dan berada di posisi ketiga.

Djarot dan Junimart tumbang oleh dua pendatang baru yaitu Bob Andika Mamana Sitepu yang meraih 94.621 suara dan Bane Raja Manalu dengan 91.169 suara.

Di Jawa Timur (Jatim), juga banyak Caleg beken tumbang. Seperti mantan Jubir Presiden Johan Budi gagal menga­mankan kursinya di Dapil Jatim VII yang meliputi Kabupaten Magetan, Ngawi, Pacitan, Ponorogo dan Trenggalek.

Baca juga : Pemprov DKI Didorong Turun Cegah Tawuran

Meski mampu mendapatkan 55.176 suara, jumlah itu belum cukup buat Jo­han mempertahankan statusnya seba­gai anggota DPR. Mantan pimpinan KPK ini dikalahkan koleganya, yakni Novita Hardini dengan 148.242 suara dan Budi Sulistyono dengan torehan 125.425 suara.

Di Dapil Jatim V, mantan Dipa Indonesia Krisdayanti juga tumbang walau berhasil meraih 70.082 suara. Mantan istri Anang Hermansyah itu kalah saing dari Wakil Ketua MPR yang juga Ketua DPP PDIP Ahmad Basaran dengan torehan 89.769 suara dan caleg PDIP Andreas Eddy Susetyo yang mendulang 81.020 suara.

Di Dapil Jatim VI, vokalis PDIP Arteria Dahlan juga tumbang. Modal 62.242 suara yang didapatkan masih kalah dibanding koleganya, Pulung Agustanto dengan 165.869 suara dan Sri Rahayu yang meraih 111.284 suara.

Baca juga : Manchester City Vs Newcastle, Duel Panas Dan Gengsi

Meski kalah, Arteria mengaku berlapang dada. Menurutnya, dalam setiap kompetisi selalu ada yang kalah dan menang. “Kami yang kalah tentunya kita harus sadar diri, evaluasi dan menerima kekalahan,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.