Dark/Light Mode

KPU Ketok Palu Hasil PSU Kuala Lumpur, Prabowo-Gibran Menang

Senin, 18 Maret 2024 22:59 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Foto: YouTube/KPU RI
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Foto: YouTube/KPU RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Kuala Lumpur, Malaysia berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara nasional Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (18/3).

Hasil ini diperoleh dari Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Minggu (10/3) di WTC Kuala Lumpur.

Sedangkan Kotak Suara Keliling (KSK) disebar di 120 lokasi, yakni di Perak, Kelantan, Terengganu, Selangor, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan Putrajaya.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, memastikan keputusan tersebut diambil setelah semua prose sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Baca juga : Prabowo-Gibran Tak Gentar

Ia menyebutkan, penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden sudah sesuai dengan jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS). 

Jumlah suara sah dan tidak sah dalam PSU Kuala Lumpur adalah sebanyak 12.357 lembar.

"Bisa kita sahkan ya? Bismillah sah," ujar Hasyim Asy'ari dalam rapat pleno tersebut.

Anggota KPU, Idham Holik, merinci dari 12.357 surat suara itu, 4.674 suara diantaranya tercoblos pasangan calon Anies-Muhaimin.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Inter Milan Imbang, AC Milan-AS Roma Menang

Sementara pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 6.266 suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan 1.134 suara. 

Dengan cermat, Idham juga memaparkan jumlah pemilih yang tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kuala Lumpur, sebanyak 62.217 orang. 

Dari angka DPT tersebut, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 3.605 orang.

Sisanya, sebanyak 1.828 oran menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih tambahan (DPTb), serta ada 6.924 orang yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih khusus (DPK).

Baca juga : Hasil Rekapitulasi 20 Provinsi, Prabowo Menang Telak

"Jumlah pengguna hak pilih, laki-laki 7.298 orang, perempuan 5.059 orang, jumlah total 12.357 orang," kata Idham.

Sesuai jadwal, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 terus berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024 sebagaimana diatur dalam peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.