Dark/Light Mode

Kekayaan Terbaru Pejabat

Jokowi Naik 13 M, Luhut Naik 145 M

Selasa, 26 Maret 2024 08:10 WIB
Presiden jokowi dan Wapres Maruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2023 secara online di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/3/2024). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Presiden jokowi dan Wapres Maruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2023 secara online di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/3/2024). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Luhut juga melaporkan harta bergerak lainnya senilai Rp 3.382.794.000, ditambah surat berharga senilai Rp 340.991.192.290. Sedangkan kas dan setara kas Rp 245.802.345.452 serta harta lainnya senilai Rp 185.351.792.669. Selain harta, Luhut juga mencatatkan hutangnya dalam LHKPN sebanyak Rp133.928.009.332.

Diketahui LHKPN periode tahun 2023 ini memang baru laporan sementara yang ditampilkan di fitur dashboard e-LHKPN. Detail kekayaan dan aset belum dipublikasikan secara keseluruhan dipublikasikan karena masih dalam proses verifikasi.

Sebagaimana ketentuan KPK, rincian kekayaan dan aset yang dicantumkan dalam LHKPN baru akan diunggah setelah batas akhir pelaporan LHKPN pada 31 Maret 2024.

Baca juga : Yang Bilang Rusia Negara Komunis, Jadul Banget…

Jumlah LHKPN setiap pejabat dapat berubah seiring proses verifikasi yang dilakukan oleh KPK. Tercatat masih banyak sejumlah menteri yang statusnya ‘belum lapor’.

Menanggapi laporan yang disampaikan Jokowi dan Luhut, Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati belum berkomentar. Begitu pula Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana.

Sedangkan Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi menyebut laporan yang disampaikan itu merupakan bentuk kepatuhan penyelenggara negara. Soal detailnya pun diakuinya sudah disampaikan kepada KPK.

Baca juga : Please, Pemudik Jangan Lama-lama Di Rest Area

“Hal itu sebagai bentuk transparansi dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku,” singkatnya saat dikonfirmasi, semalam.

Di dunia maya, warganet ikut menyoroti sikap Jokowi dan Luhut yang taat melaporkan hartanya kepada KPK. “Semoga dengan kejujuran ini bisa menjadi contoh yang baik untuk pejabat lainnya,” ujar @Giriwibowo76. “Keren, presiden kita terbuka dan jujur soal kekayaan. Salut,” timpal @Ilham45santoso.

“Transparansi seperti ini yang bikin masyarakat tambah percaya sama pemerintah,” sahut @hanifmaul99.

Baca juga : Banjir Rob Di Pesisir Makin Tak Terkendali

Selain memuji, ada juga netizen yang menyindir tidak semua harta milik Jokowi dan Luhut dilaporkan. “Pemimpinnya kaya raya, tapi kok rakyatnya masih berjibaku antre bansos,” sindir @ArjayaDirja

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 26 Maret 2024 dengan judul Kekayaan Terbaru Pejabat, Jokowi Naik 13 M, Luhut Naik 145 M

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.