Dark/Light Mode

Jalankan Makan Siang Gratis, Gibran Berguru Ke India

Rabu, 3 April 2024 08:00 WIB
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka bersalaman dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Sandeep Chakravorty di Kantor Wali Kota Solo, Senin (1/4/2024) . (Foto: Dok. Pemkot Solo)
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka bersalaman dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Sandeep Chakravorty di Kantor Wali Kota Solo, Senin (1/4/2024) . (Foto: Dok. Pemkot Solo)

 Sebelumnya 
Menurut dia, Indonesia tepat telah menghubungi India untuk melakukan pembahasan sebelum menjalankan program makan siang gratis.

Sebelumnya, Bank Dunia mengingatkan agar program makan siang gratis disiapkan dengan matang. Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen mengatakan, Pemerintah perlu terlebih dahulu menetapkan dengan pasti bentuk dan sasaran serta anggaran program tersebut.

Baca juga : Hendrawan Supratikno: Tidak Harus Saat Ada Proses Hukum Di MK

“Semua rencananya harus benar-benar dipersiapkan dan biayanya juga dipersiapkan,” kata Satu Kahkonen.

Juru bicara TKN Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi, mengapresiasi masukan dari Bank Dunia itu. Viva menyebut program makan siang memang sudah dilakukan di sejumlah negara. Dia menyebut anggaran makan siang akan dirancang untuk APBN 2025.

Baca juga : Dahnil Anzar Simajuntak: Insya Allah Bertemu Usai Bulan Ramadan

Kemudian, Viva menyebut kementerian terkait nantinya akan membuat perencanaan secara detail, rasional, dengan manajemen modern dan profesional. Hal itu, katanya, agar tidak ada kesalahan atau penyimpangan, dapat lebih efisien, efektif, tepat sasaran, tepat mutu dan gizi, dan tepat lokasi.

Warganet menjadikan topik ini menjadi bahan perbincangan. Akun @mikomsujat berharap Prabowo-Gibran merealisasikan janji makan siang gratis. “Kata-kata itu doa. Berani berkata harus berani melaksanakan,” ujarnya. “Program makan siang gratis mesti dipersiapkan dengan baik, agar berguna bagi peningkatan gizi siswa,” timpal @NasionalisSiber. “ Tinggal nanti diimplementasikan,” tambah @wongsakti.

Baca juga : Srikandi Beringin Siap Tarung

Akun @alfiannoro mengatakan tak ada salahnya belajar pada DKM yang setiap bulan puasa memberikan makan gratis full 1 bulan. Sementara akun @utrajao jika pemerintah belajar makan gratis ke India. Mengingat jajanan jalanan India mengerikan. “Kenapa harus India. Ngeri kali,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 3 April 2024 dengan judul Jalankan Makan Siang Gratis, Gibran Berguru Ke India

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.