Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilgub Jawa Timur

Khofifah Laris Manis

Rabu, 3 April 2024 07:20 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Timur Irwan Setiawan
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Timur Irwan Setiawan

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketertarikan partai politik terhadap Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur Jawa Timur (Jatim) makin meluas. Setelah PDI Perjuangan, kini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang kepincut.

KETUA Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengatakan, pasca Ramadan pihaknya akan berkomunikasi dengan Khofifah Indar Parawansa. Dia menjelaskan, komunikasi dengan Khofifah merupakan respons terhadap dinamika yang terjadi.

“Tapi, saat ini juga kami tengahmelakukan penjaringan in­ternal,” kata Irwan di Surabaya, Selasa (2/4/2024).

Dukungan kepada Khofifah maju kembali dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur terusan mengalir. Khofifah telah mengantongi dukungan dari empat partai politik di Jawa Timur, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Terbaru, menyusul dua parpol melakukan pendekatan dengan Khofifah, yaitu PDI Perjuangan dan PKS. Irwan menolak disebut PKS menyerah, sehingga tidak mencalonkan kader sendiri di Pilkada Jawa Timur.

“Konteksnya bukan menyerah atau tidak, tapi bagaimana kita merespons dinamika yang ada. Tugas kami sekali lagi komu­nikasi dengan calon,” katanya.

Baca juga : Alhamdulillah, Persoalan Kelangkaan Pupuk Beres

Dia mengaku telah diinstruksikan DPP PKS supaya melakukankomunikasi dengan semua Cagub Jatim. Tidak terkecuali bila nama Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin mencalonkan diri menjadi Gubernur Jawa Timur.

“Bila Cak Imin mencalonkan yatugas kami komunikasi dengan Cak Imin. Kalau kemudian ada calon dengan Ibu Khofifah, tugas kami juga menjalin komunikasi,” tegasnya.

Meski begitu, Irwan menegaskan hingga saat ini PKS Jatim belum memutuskan akan merapat kepada figur manapun. Pihaknya masih melakukan pen­jaringan internal terkait gelaran Pilkada 2024.

“Nanti, jika penjaringan yang kita lakukan sudah selesai, setelahitu baru akan melakukan komunikasi dengan parpol dan calon yang ada,” katanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno menegaskan, PAN adalah partai pertama yang mengusung Khofifah Indar Parawansa maju di Pilkada Jatim 2024. Dia mengatakan, PAN sudah merekomendasikan Khofifah sejak beberapa bulan lalu.

Terkait ketertarikan PDI Perjuangan dan PKS untuk mendu­kung Khofifah di Pilkada Jatim, Eddy mengatakan, masih akan mengikuti perkembangan dina­mika politiknya.

Baca juga : Top, Pemulihan Kinerja Garuda On The Track...

“PAN selalu siap bekerja sama dengan teman-teman parpol untuk memenangkan kontestasi Pilkada 2024,” tuturnya.

Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo turut menegas­kan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sudah menyam­paikan langsung surat dukungan kepada Khofifah secara terbuka dalam acara konsolidasi caleg PAN se-Jatim di Surabaya pada 4 Desember 2023.

“Kerja sama PAN dengan Gubernur Khofifah selama ini amat sangat bagus, baik sebagai kepala daerah maupun sebagai Ketum Muslimat NU. Apalagi PAN membuka lebar penca­legan bagi tokoh-tokoh NU,” jelasnya.

Menurut Dradjad, jika ada par­tai lain yang ingin ikut mengusung Khofifah di Pilkada Jatim, PAN akan menyambut baik. Termasuk dari partai pendukung Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo.

“Saya yakin akan banyak parpol yang mengusung Mbak Khofifah. Kinerjanya bagus, ko­munikasi personal sangat akrab, rakyat pendukungnya juga sangatbanyak,” imbuhnya.

Sementara, Khofifah Indar Parawansa mengaku senang dengan semakin banyaknya dukungan parpol kepadanya. Dia mengaku akan menjadikan dukungan terse­but sebagai motivasi dan tidak akan besar kepala.

Baca juga : Menhub Kerja Ekstra, Pastikan Mudik Lancar

“Menjadi motivasi kami un­tuk semakin memacu semangat melanjutkan pembangunan Jawa Timur,” kata Khofifah, Selasa (2/4/2024).

Khofifah kembali menegaskan komitmennya untuk melanjut­kan pembangunan Jatim jilid dua. Kata dia, masih banyak hal yang harus diselesaikan dan di­lanjutkan untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Jawa Timur.

Dia menegaskan, mewujud­kan pembangunan berkelan­jutan tidak cukup hanya satu periode atau lima tahun. Karenanya, dia semakin mantap maju kembali dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024.

Insya Allah kami siap melanjutkan Jatim Cettar jilid-2,” tandas Khofifah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.