Dark/Light Mode

IAMRA Dan Kemenko Perekonomian Sepakat Percepat Kemajuan Kesehatan Indonesia

Jumat, 5 April 2024 22:38 WIB
Direktur Konsil Kedokteran Dunia (International Association of Medical Regulatory Authorities/IAMRA) Prof. dr. Taruna Ikrar bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto di The Tavia Heritage Hotel, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024) lalu.
Direktur Konsil Kedokteran Dunia (International Association of Medical Regulatory Authorities/IAMRA) Prof. dr. Taruna Ikrar bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto di The Tavia Heritage Hotel, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024) lalu.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Konsil Kedokteran Dunia (International Association of Medical Regulatory Authorities/IAMRA) Prof. dr. Taruna Ikrar bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto di The Tavia Heritage Hotel, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024) lalu.

Taruna yang juga merupakan Ketua Konsil Kedokteran, cabang Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menyampaikan, dalam pertemuan tersebut, pihaknya menyampaikan pentingnya lembaga konsil kedokteran bersama Pemerintah untuk berkomitmen mendorong investasi kesehatan dari dunia internasional ke Indonesia demi mempercepat kemajuan pelayanan kesehatan di Tanah Air.

Adapun IAMRA merupakan Konsil Kedokteran Dunia yang beranggotakan 126 lembaga negara konsil kedokteran dari berbagai lembaga negara di dunia.

Baca juga : Green Impact Day Untuk Ketahanan Pangan, Air dan Energi Indonesia

Organisasi ini memiliki tujuan untuk mendorong regulasi medis yang efektif di seluruh dunia dengan mendukung praktik terbaik, inovasi, kolaborasi, dan berbagi pengetahuan demi kepentingan keselamatan publik dan mendukung profesi medis.

IAMRA juga mempunya visi memastikan, setiap orang di seluruh dunia dirawat dan ditangani oleh dokter yang aman dan kompeten.

"IAMRA akan berperan untuk memajukan dunia kesehatan di Indonesia," ujar Taruna Ikrar dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Baca juga : Peran Penting Perusahaan Transportasi Dorong Kemajuan Ekonomi Indonesia

Taruna mengatakan, pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ini membahas tentang kemajuan ekonomi Indonesia ditopang oleh keunggulan komoditas kesehatan dan obat-obatan.

Menurut Taruna, dalam forum tersebut, Menteri Airlangga memiliki pemikiran bahwa sejalan dengan transformasi ekonomi di dalam negeri dan pengembangan indikator kesehatan serta Pendidikan di Indonesia merupakan kunci pengembangan sumber daya manuia (SDM) untuk pendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu, sektor kesehatan perlu mendapat perhatian khusus dalam rangka menggapai Indonesia emas. Hal ini, sambung Airlangga, sejalan dengan pemikiran bahwa, salah satu tantangan utama dalam memajukan SDM adalah memastikan tidak adanya economy divide (kesenjangan ekonomi) di tengah masyarakat, terutama antara penduduk kota dan desa, dan kawasan timur dan barat.

Baca juga : IAMRA Dan Bahlil Sepakat Hadirkan Akses Layanan Kesehatan Handal

"Karena itu, kita perlu memanfaatkan teknologi untuk mengatasi kesenjangan akses terhadap pelayanan kesehatan secara nasional," ungkap Taruna mengutip pernyataan Airlangga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.