Dark/Light Mode

Kasus Penambangan Timah Ilegal Harvey Moeis

Kejaksaan Agung Buka Rekening Yang Diblokir

Senin, 22 April 2024 06:10 WIB
Kejagung menyita mobil mewah Harvey Moeis lantaran diduga dibeli dari hasil penambangan timah ilegal di Bangka Belitung. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Harsal/ada/Spt)
Kejagung menyita mobil mewah Harvey Moeis lantaran diduga dibeli dari hasil penambangan timah ilegal di Bangka Belitung. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Harsal/ada/Spt)

 Sebelumnya 
Kejagung terus mengincar aset tersangka Harvey Moeis untuk disita. Upaya ini untuk menutupi kerugian negara akibat kasus penambangan timah ilegal di Bangka Belitung.

“Ada aset-aset super mewah yang masih ditelusuri asal-usul kepemilikannya,” kata. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Kuntadi.

Salah satu aset yang diincar adalah jet pribadi. Pesawat itu diketahui diberikan Harvey sebagai hadiah ulang tahun anaknya, Raphael Moeis saat berusia satu tahun.

Baca juga : Akun Medsos Mendadak Raib

Sejauh ini, pesawat jet Bombardier Challenger 605 itu parkir di bandara di wilayah Singapura. “Kami belum bisa memastikan harganya. Sejauh ini kami masih menelusuri asal-usul dana untuk pembelian jet pribadi tersebut,” kata Kuntadi.

Untuk kepentingan penelu­suran aset itu, Kejagung telah berkoordinasi dengan pihak terkait, dari produsen pesawat hingga otoritas Singapura tem­pat pesawat itu diparkir.

Jika hasil penelusuran mem­buktikan ada keterkaitan dengan tindak pidana yang tengah di­usut, Kejagung bakal menyita pesawat tersebut. “Kita tunggu ya, penyidikannya masih dilaku­kan,” ujarnya.

Baca juga : Sri Mulyani: Pemerintah Antisipasi Dan Waspada

Kejagung juga menelusuri aset properti yang diduga milik Harvey di Australia. Aset ini mencuat lantaran Sandra Dewi, istri Harvey beberapa kali mengunggahnya di akun media sosialnya.

Rumah yang dilengkapi kolam renang pribadi air panas dan lapangan olahraga luas itu dita­ksir seharga Rp 271 miliar.

“Kalau memang ada kaitan­nya, bener kepemilikannya atau disembunyikan, pasti kami ke­jar,” tegas Kuntadi.

Baca juga : Gagalkan Palestina Gabung PBB, Amerika Dirujak Dunia

Penyidik Gedung Bundar lebih dulu menyita sejumlah mo­bil mewah milik Harvey, yakni Rolls-Royce, Mini Cooper SCountryman F60, Toyota Velfire dan Lexus.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 22 April 2024 dengan judul Kasus Penambangan Timah Ilegal Harvey Moeis, Kejaksaan Agung Buka Rekening Yang Diblokir

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.