Dark/Light Mode

Pilgub Sumatera Utara

Edy Daftar Ke PDIP Bobby Lewat Golkar

Minggu, 21 April 2024 07:30 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Sumut, Aswan Jaya
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Sumut, Aswan Jaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur (bacagub) Sumut dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Sabtu (20/4/2024).

WAKIL Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Sumut, Aswan Jaya membenarkan Edy Rahmayadi mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur (bacagub) Sumut dari PDIP pada Sabtu (20/4/24). Hanya saja, kata dia, Edy diwakil­kan oleh tim pendukungnya.

“Kehadiran tim Pak Edy disambut oleh Sekretaris DPD PDIP Sumut, Sutarto dan para pengurus. Mereka hadir sekitar jam10.30 WIB,” ujar Aswan dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024).

Usai mengambil formulir pendaftaran, kata Aswan, Edy nantinya akan menyerahkan formulir pendaftarannya ke DPD PDIP Sumut secara langsung. Dia mengatakan, untuk pengem­balian formulir harus diserahkan langsung Edy Rahmayadi, dan tidak bisa diwakilkan.

“Rencananya Pak Edy akan datang langsung mengemba­likan formulir pendaftaran ke kantor DPD PDIP Sumut pada akhir April atau awal Mei 2024,” ujarnya.

Baca juga : Motis Sukses Tekan Jumlah Kecelakaan

Aswan mengatakan, hingga saat ini yang sudah mengambil formulir pendaftaran untuk maju Pilgub Sumut 2024 adalah Edy Rahmayadi dan Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan. Dia mengatakan, formulir pendaf­taran akan dibawa ke DPP PDIP pada pertengahan Mei 2024.

“Jadi, DPP yang akan melaku­kan penilaian siapa yang akan diusung untuk Pilgub Sumut,” jelasnya.

Dia menekankan, figur yang diusung dalam Pilgub Sumut 2024 akan diprioritaskan kader ataupun tokoh masyarakat yang punya komitmen atau ideologi yang sama dengan PDIP. Juga, tambah dia, telah lama menjalin komunikasi yang baik dengan partai berlambang Banteng ini.

Aswan menambahkan, sepan­jang Edy menjadi Gubernur Sumut, komunikasi dengan PDIP sangat baik. Dia mengatakan, Edy juga punya visi yang sama dengan PDIP dalam membangunSumut.

“Sejauh ini elektabilitas dan popularitas Pak Edy cukup baik. Pak Edy merupakan petahana yang sudah dikenal luas masyarakat, khususnya Sumut,” ujarnya.

Baca juga : Liga Muslim Dunia & Blair Puji Prabowo

Sementara, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar, Nurul Arifin mengata­kan, partainya telah memberikan mandat kepada Bobby Nasution dan Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah, untuk maju di Pilgub Sumut 2024.

“Semua calon akan disurvei sesuai mekanisme di Partai Golkar sebelum penetapan,” tandas Nurul dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024).

Bagaimana tanggapan Bobby? Dia mengaku tidak perlu mendaf­tar lagi ke Partai Golkar untuk maju sebagai bacagub Sumut. Hal itu diketahui berdasarkan informasi yang diterimanya usai diberi tugas untuk ikut pilkada dari Partai Golkar.

“Waktu ditanyakan kemarin. Ini perlu daftar lagi atau enggak, jawabannya tidak usah karena sudah mendapat surat tugas jadi tidak perlu mendaftar lagi,” kata Bobby dalam keterangannya Jumat (19/4/2024).

Diketahui, Partai Golkar memberikan dua surat tugas kepada Bobby Nasution. Satu sebagai calon Gubernur Sumut dan yang satu lagi sebagai Wali Kota Medan. Dia merahasiakan pilihan yang akan diputuskan.

Baca juga : Travel Ilegal BakalDitindak Pemerintah

“Kita ikuti proses dua-duanya. Kalau keinginan saya kemana, itu masih rahasia,” jelasnya sam­bil tersenyum. Bobby mengakui, sampai saat ini belum memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) dari Partai Golkar

Sedangkan, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, bakal me­nyiapkan kader internal terlebih dulu, sebelum melirik kader parpol lain untuk diusung di Pilkada serentak 2024.

“Secara umum hasil rapat koordinasi nasional Partai Gerindra itu mengamanatkan para kader internal untuk maju men­jadi calon gubernur, calon bupati maupun calon walikota,” kata Dasco dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024).

Oleh karenanya, kata Dasco, partainya sedang menggodog se­jumlah nama yang akan diusung di Pilgub Sumut. Hanya saja, dia tidak mengungkap nama kader-kader yang akan diusung tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.