Dark/Light Mode

Hadir Di Pagelaran Seni IKA UII, Ketua MA Syarifuddin Bawakan Puisi

Minggu, 28 April 2024 21:58 WIB
Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. M. Syarifuddin hadir di acara reuni sekaligus Halal Bihalal Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Pagelaran Seni yang digelar di Teater Ciputra Art Preneur, Jakarta Selatan, Minggu (28/4/2024). (Foto: Ist)
Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. M. Syarifuddin hadir di acara reuni sekaligus Halal Bihalal Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Pagelaran Seni yang digelar di Teater Ciputra Art Preneur, Jakarta Selatan, Minggu (28/4/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. M. Syarifuddin ternyata piawai membaca puisi. Jiwa seninya itu ditunjukan Syarifuddin saat membacakan puisi di acara reuni sekaligus Halal Bihalal Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Pagelaran Seni yang digelar di Teater Ciputra Art Preneur, Jakarta Selatan, Minggu (28/4/2024).

Sesaat sebelum membacakan puisi, Syarifuddin mengatakan bahwa sebetulnya dia sedikit merasa tegang saat diminta membacakan puisi di depan rekan-rekan alumni UII, tapi karena dirinya diberi kesempatan yang pertama kali membaca puisi, ketegangan yang dirasakannya tidak terlalu besar.

 “Kalau saya mendapat kesempatan membaca puisi yang terakhir, mungkin saya lebih tegang,” kata Syarifuddin di atas panggung.

Baca juga : Hadir di KPU, Anies-Imin Dapat Pujian

Di acara halal bihalal ini, tampilnya Syarifuddin secara khusus membacakan puisi, tidak hanya karena jabatannya sebagai Ketua MA, namun Guru Besar Ilmu Hukum ini juga  merupakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKA UII periode 2020 - 2025.

Selain Syarifuddin, sejumlah tokoh alumni UII juga satu persatu membacakan puisi di acara Halal Bihalal IKA UII ini. Mulai dari Mantan Calon Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Penasehat IKA UII, Mahfud MD,  Advokat Senior yang juga Sekjen DPP IKA UII Ari Yusuf Amir hingga Rektor UII Prof. Fathul Wahid.

Di atas panggung, Ari Yusuf Amir membacakan puisi berjudul : Kalah itu Mahkota.  Puisinya tersebut ditutup dengan kalimat “Kami memang Kumpulan orang-orang kalah, Tapi kami bukan kumpulan para pecundang. Dengan badan tegak kami Tunaikan amanah menjaga bangsa ini”.

Baca juga : Denny JA Jadi Pelopor Seni Rupa AI Di Indonesia

Acara halal bihalal yang dihadiri para alumni UII dari berbagai daerah ini juga menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan hiburan, mulai dari pertunjukan seni Betawi Tanjidor dan Tari Nandak,  monolog yang dibawakan oleh seniman asal Yogyakarta Butet Kartaredjasa hingga Stand-up Comedy Cak Lontong dan Akbar yang mampu mengocok perut penonton dengan guyonannya yang cerdas.

Sekjen DPP IKA UII Ari Yusuf Amir menjelaskan bahwa UII mengembangkan sikap dasar berupa egalitarianisme dalam pergaulan, demokratis dalam bertindak dan liberalisasi dalam berpikir. Namun, tetap dalam keislaman. 

“Tiga karakter dasar itu yang melekat kuat pada pribadi alumninya. Kita dididik untuk selalu jadi pejuang,” kata Ari yang juga Ketua Tim Hukum Nasional Pasangan Calon Presiden –Calon Wakil Presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.