Dark/Light Mode

Tim SAR Temukan 2 Korban Tenggelam Di Sungai Ciliwung Dalam Kondisi Tak Bernyawa

Rabu, 1 Mei 2024 17:43 WIB
Tim SAR melakukan evakuasi korban tenggelam di aliran sungai Ciliwung, Jakarta, Rabu (1/5). Foto: Instagram/basarnas.jakarta
Tim SAR melakukan evakuasi korban tenggelam di aliran sungai Ciliwung, Jakarta, Rabu (1/5). Foto: Instagram/basarnas.jakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim SAR gabungan berhasil menemukan dua korban yang tenggelam di Sungai Ciliwung, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Korban pertama, M Arfan Subandi (5), ditemukan pada Rabu (1/5) pagi, sedangkan korban kedua, Arif Mujahidin (19), ditemukan pada sore hari.

Upaya pencarian dilakukan sejak Selasa (30/4) setelah kedua korban dilaporkan tenggelam. Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Jakarta, Damkar Jakarta Pusat, BPBD DKI Jakarta, Polsek Tanah Abang, dan berbagai pihak lainnya, melakukan penyisiran menggunakan perahu karet dan jalur darat di sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

Kronologi Kejadian

Baca juga : Asuransi Astra Berikan Literasi Keuangan ke Nelayan Desa Tanjung Pasir, Tangerang

Kronologi kejadian bermula saat MAS (5) bercanda bersama temannya di pinggir Sungai Ciliwung. Tiba-tiba, MAS terjatuh dan terbawa arus. Melihat hal itu, Arif (19) berusaha menolong MAS, namun dirinya justru ikut tenggelam dan terbawa arus.

Kedua korban diketahui tenggelam sekitar pukul 09.42 WIB kemarin, Selasa (30/4).

Baru pada Rabu pagi, tim SAR menemukan M Arfan Subandi (5) dalam kondisi meninggal dunia. Pencarian kemudian dilanjutkan dan pada sore hari, tim SAR berhasil menemukan Arif Mujahidin (19) di lokasi yang berbeda.

Baca juga : Fossasia Summit 2024 Dorong Perlindungan Data Pribadi Dengan Enkripsi Tanpa Batas

Kepala Basarnas Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR Desiana Kartika Bahari mengatakan korban ditemukan di aliran Sungai Ciliwung pada radius kurang lebih 1,2 km dari lokasi kejadian sekitar pukul 06.30 WIB.

“Tim SAR gabungan kembali menemukan korban yang terakhir setelah pencarian dilanjutkan pagi tadi, dan jenazah selanjutnya kami serahkan kepada pihak keluarga di rumah duka," katanya dalam keterangannya di Jakarta, dilansir ANTARA, Rabu (1/5).

Kedua korban ditemukan setelah melakukan penyisiran menggunakan perahu karet di sepanjang aliran Ciliwung hingga radius 2,5 Km dari lokasi kejadian, dan penyisiran darat di sepanjang bantaran sungai hingga radius 5 Km.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.