Dark/Light Mode

Kabinet Mungkin Diumumkan Rabu Pon

Pada Akhirnya Semua Hanya Bisa Berharap

Sabtu, 19 Oktober 2019 07:45 WIB
Jokowi didampingi JK, saat menjawab pertanyaan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10). (Foto: Humas Setkab).
Jokowi didampingi JK, saat menjawab pertanyaan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10). (Foto: Humas Setkab).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jokowi menyatakan bisa saja mengumumkan kabinetnya hari Minggu setelah pelantikan, atau Senin, atau Selasa, atau Rabu. Banyak yang nebak mungkin Jokowi memilih Rabu. Apalagi Rabu bertepatan dengan Rabu Pon, hari “kesukaannya” Jokowi.

Tapi, itu cuma tebakan saja. Karena hanya Jokowi dan Tuhan saja yang tahu kapan pastinya waktu pengumuman kabinet. Termasuk, siapa saja yang akan jadi menteri. Semua hanya bisa menebak dan berharap.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menebak Jokowi akan memilih hari Rabu. Hasto mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang (UU) nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kementerian, Presiden punya waktu 14 hari atau dua minggu setelah dilantik untuk membentuk kabinet.

Baca juga : Di Depan Jokowi, Mega Minta Partainya Dapat Banyak Kursi Menteri

Presiden Jokowi yang paling tahu kapan momentum mengumumkan susunan kabinetnya. “Tapi kita tahu karakter Pak Jokowi yang mau kerja cepat. Kalau mengikuti informasi beliau paling lambat Rabu,” ujar Hasto, di Jakarta, kemarin.

Hasto punya harapan, sebelum umumin kabinet, Jokowi kembali melakukan pengecekan rekam jejak, kepemimpinan, integritas, dan kemampuan bekerja sama dengan presiden. Sebab, mereka pembantu presiden.

“Tak boleh ada menteri setelah dilantik tiba-tiba kibarkan bendera mau jadi presiden 2024. Semua harus setia dalam lima tahun ke depan,” tuturnya.

Baca juga : Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 950 Meter

Hasto juga berharap partainya bakal mendapat jatah menteri terbanyak. “Semua kementerian penting dan strategis, tapi yang jelas PDIP paling banyak,” ungkap dia.

Selain dari parpol, Hasto bilang, ada empat pintu rekrutmen calon menteri lainnya. Yakni, profesional-fungsional, saat ini menjabat Gubernur NTT bahkan sudah pamitan pada warganya. Pemimpin daerah, aparatur sipil negara (ASN), dan tokoh masyarakat.

Presiden Jokowi sendiri masih enggan membocorkan kapan kabinet diumumkan. Bisa setelah pelantikan, atau satu-dua hari setelahnya.

Baca juga : Rehabilitasi Hutan dan Lahan Perlu Sinergi Semua Pihak

“Kita (umumkan) mungkin bisa Minggu, tapi bisa juga Senin. Tapi juga bisa Selasa,” ujarnya, di Istana Negara, kemarin. Ditanya kemungkinan masuknya kader Gerindra dan Demokrat dalam kabinet, Jokowi meminta semua pihak bersabar menunggu pengumuman.

“Nanti kalau sudah diumumkan, kita semua tahu, mana yang masuk, mana yang tidak masuk. Apa mana yang belum masuk,” jawab Jokowi.

Isu masuknya kader Gerindra dan Demokrat dalam kabinet memang berhembus kencang. Dari Gerindra, nama Edhy Prabowo yang dihembuskan. Sementara dari Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.