Dark/Light Mode

Kesaksian Mantan Stafsus SYL

Garnita Malahayati Sebar 34 Sapi Kurban Ke 34 Provinsi

Kamis, 30 Mei 2024 06:10 WIB
Terdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kiri) berpelukan dengan istrinya, Ayun Sri Harahap (kanan) usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar NugrohoGumay/wpa)
Terdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kiri) berpelukan dengan istrinya, Ayun Sri Harahap (kanan) usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar NugrohoGumay/wpa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh disebutkan tahu kegiatan organisasi sayap Garda Wanita (Garnita) Malahayati dibiayai Kementerian Pertanian (Kementan).

Hal ini diungkap mantan Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Kelembagaan, Joice Triatman pada sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2024.

Joice juga menjabat Wakil Bendahara Umum Partai NasDem dan Sekjen Garnita Malahayati. Organisasi sayap partai ini dipimpin Indira Chunda Thita, anak Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kegiatan Garnita yang dibiayai Kementan yakni pembagian paket sembako di 34 provinsi, pembagian telur dan sapi untuk kurban.

Baca juga : Bunga Citra Lestari, Asyik Dugem Bareng Tiko

“Saya mulai dari (program) sembako dulu. Saudara tahu ada program sembako itu dari siapa?” tanya pengacara SYL, Djamaluddin Koedoeboen.

“Dari Ibu Thita,” jawab Joice.

Djamaluddin pun mempertanyakan mengenai keterkaitan anak kliennya itu dengan Kementan. Terutama soal pembagian sembako.

Joice menerangkan, hal itu justru arahan Thita dalam rapat internal dengan anggota dan pengurus Garnita. “Bahwa akan ada pembagian sembako di seluruh DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) Garnita NasDem dari Sabang sampai Merauke, dengan rincian masing-masing provinsi mendapatkan 200 paket sem­bako. Dan nanti mekanismenya, teman-teman semua tolong dikoordinasikan dengan kakak Sekjen,” tuturnya.

Baca juga : Sahila Hisyam, Olahraga Bikin Suntuk Hilang

“Terus pernah tidak, Ibu Thita sendiri menyampaikan bahwa terkait dengan sembako ini berhubungan dengan Dirjen (Direktur Jenderal) ini atau ber­hubungan dengan ini?” lanjut Djamaluddin.

“Pernah. Tidak pada sembako, seingat saya pada mempersiapkan menyiapkan sapi kurban. Jadi, beliau mengarahkan ke saya bahwa nanti saya juga akan bicara dengan Pak Dirjen PKH (Peternakan dan Kesehatan Hewan) yaitu Pak Nasrullah,” ungkap Joice.

Joice juga mengemukakan, Garnita sebagai organisasi sayap NasDem. mendapat arahan dari Surya Paloh, agar menggerak­kan dan meningkatkan pember­dayaan perempuan.

Djamaluddin kemudian mengulik pengetahuan Joice terkait pembagian sembako tersebut. Apakah kegiatan itu program dari Kementan atau Garnita.

Baca juga : Menkominfo Tata Kualitas Medsos

Joice mengungkapkan, pro­gram Garnita ini berdasar arahan Thita. Sebagai Sekjen Garnita, Joice beberapa kali ikut dalampembagian sembako dalam rangka menyambut bulan puasa 2023.

Mengenai pembagian sapi kurban, Joice menerangkan, ada 34 ekor yang dibagi-bagikan ke 34 provinsi. Lokasi pembagiannya diatur kader Garnita di tiap wilayah.

Sementara soal pembagian telur, hanya beberapa provinsi yang mendapat program terse­but. Di antaranya di Lampung dan Sumatera Selatan. Alasan pembagian di provinsi itu, kata Joice, karena saat itu ada pelantikan pengurus DPW dan Dewan Perwakilan Daerah Garnita.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.