Dark/Light Mode

Kesaksian Mantan Stafsus SYL

Garnita Malahayati Sebar 34 Sapi Kurban Ke 34 Provinsi

Kamis, 30 Mei 2024 06:10 WIB
Terdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kiri) berpelukan dengan istrinya, Ayun Sri Harahap (kanan) usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar NugrohoGumay/wpa)
Terdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kiri) berpelukan dengan istrinya, Ayun Sri Harahap (kanan) usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar NugrohoGumay/wpa)

 Sebelumnya 
Djamaluddin lalu mengorek Joice apakah kegiatan-kegiatan Garnita itu diketahui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

“Kami melaporkan kegiatan-kegiatan, baik yang karena sifatnya tidak rutin, maka itu kami rangkum,” jawab Joice.

“Laporan kepada Pak Surya Paloh itu di forum resmi atau hanya face to face?” cecar Djamaluddin.

“Tidak di forum resmi. Di Gedung Partai NasDem, tapi juga face to face,” ungkap Joice.

Baca juga : Bunga Citra Lestari, Asyik Dugem Bareng Tiko

“Saudara menyebutkan bahwa terkait dengan hewan kurban, sembako, telur, itu ada bantuan dari Kementan?” tanya Djamaluddin lagi.

“Kepada Pak Surya Paloh, iya,” sebut Joice.

“Izin melaporkan Bapak bahwa yang dalam tiga bulan tera­khir ini sudah ada kegiatan a, b, c, dan d, termasuk pembagian sembako dan pembelian hewan kurban dan sebagainya. Itu semua bantuan yang berasal dari Kementan,” Joice menerangkan proses pelaporan kepada Paloh.

“Terus, apa tanggapan be­liau?” kata Djamaluddin.

Baca juga : Sahila Hisyam, Olahraga Bikin Suntuk Hilang

“Baik, bagus, jalankan,” ungkap Joice.

Pada kesaksian sebelumnya, Joice mengemukakan, kegiatan bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI Partai NasDem juga dibi­ayai duit dari pejabat Kementan.

Kegiatan yang digelar di NasDem Tower itu menelan biaya Rp 850 juta. Joice mengutara­kan, Syahrul menyuruh berkoor­dinasi dengan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono untuk pembiayaan kegiatan tersebut.

Semula panitia acara tersebut menyodorkan rencana anggaran biaya (RAB) sebesar Rp 1 miliar. Namun, Kasdi tak sanggup me­menuhinya. Akhirnya disepakati sebesar Rp 850 juta.

Baca juga : Menkominfo Tata Kualitas Medsos

Uang diserahkan dalam tiga tahap. Menurut Joice, Sekjen NasDem Hermawi Taslim tahukegiatan bacaleg dibiayai Kementan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 30 Mei 2024 dengan judul Kesaksian Mantan Stafsus SYL, Garnita Malahayati Sebar 34 Sapi Kurban Ke 34 Provinsi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.