Dark/Light Mode

Jadi Mobil Tahanan KPK, Innova Dipasang Terali Besi

Senin, 14 Januari 2019 10:29 WIB
Juri Bicara KPK, Febri Diansyah. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Juri Bicara KPK, Febri Diansyah. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - All New Kijang Innova hitam gres parkir di lobi gedung Merah Putih KPK. Pelat nomornya merah. Kelap-kelip lampu rotatornya menarik perhatian. Mobil dinas siapakah ini? Kendaraan dengan harga on the road di atas Rp300 juta itu, ternyata untuk mengangkut para tahanan. Dari rutan ke gedung Merah Putih untuk pemeriksaan. Maupun untuk menghadiri sidang. 

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya mendapat tambahan 3 mobil tahanan baru jenis Kijang Innova.Ketiga mobil itu memiliki interior yang sama di bagian dalamnya. Dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan pengawal tahanan selama perjalanan. 

Baca juga : Dicoret Jadi Panelis, BW Dianggap Tidak Netral

“Ada 3 tambahan mobil tahanan yang efektif mulai digunakan Januari 2019 ini. Saya cek ke Bagian Rumah Tangga di Biro Umum, penambahan ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan tugas pengelolaan tahanan KPK. Tiga mobil tersebut merupakan hasil pengadaan tahun (2018) lalu,” beber Febri. 

Febri mengungkapkan, mobil ini berbeda dengan mobil tahanan yang sudah dimiliki KPK Sebelumnya. Di bagian dalamnya sengaja dipasang terali besi untuk keamanan. Ketika melihat ke dalam mobil, terlihat jelas jeruji besi dengan desain kotak-kotak kecil yang menjadi pembatas kabin depan, tengah dan belakang.  Kaca pintu mobil kabin tengah, di kedua sisinya juga dilindungi jeruji besi. Kabin tengah untuk tahanan. Sementara kabin depan dan belakang untuk pengemudi dan pengawal tahanan. 

Baca juga : Kyai Maruf Yakin Relawan Sumbang Suara Besar

Febri menjelaskan, pengadaan mobil ini lewat e-katalog yang ada pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Menurutnya, pengadaan mobil baru dilakukan karena beberapa mobil tahanan yang ada sudah tidak layak dipakai untuk mengangkut tahanan.

“Sebelumnya, ada mobil tahanan berbentuk minibus tahun 2004 dan 2006 sedang proses lelang kembali karena sudah digunakan cukup lama dan kondisinya tidak memungkinkan lagi dimanfaatkan untuk membawa tahanan KPK. Selain itu, ada 3 unit Elf tahun 2011,” ujarnya.

Baca juga : Libur Natal, Tahanan KPK Bisa Dijenguk Keluarganya

Mobil tahanan yang lama Isuzu Panther. Pintu kabin tengah yang ditempati tahanan, dirancang tidak bisa dibuka dari dalam. Tombol untuk menurunnaikkan kaca jendela juga dihilangkan. Namun tidak ada terali yang membatasi tahanan dengan pengemudi dan pengawal. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.