Dark/Light Mode

Kyai Maruf Yakin Relawan Sumbang Suara Besar

Jumat, 28 Desember 2018 11:59 WIB
Cawapres 01 KH Maruf Amin (tengah, bersorban). (Foto: IG Jokowi-KH Maruf Amin)
Cawapres 01 KH Maruf Amin (tengah, bersorban). (Foto: IG Jokowi-KH Maruf Amin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres 02 Ma’ruf Amin optimis, keberadaan relawan punya pengaruh penting untuk memperoleh kemenangan. Terpenting, relawan jaga sikap dan koordinasi dengan partai politik.

Menurut Ma’ruf, hingga akhir tahun ini, dukungan masyarakat terhadap paslon 01 terus mengalir. Bentuk dukungan itu direalisasikan dengan membantu relawan yang ikut berjuang melakukan kampanye ke masyarakat. Relawan yang hadir, kata Ma’ruf, berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ada dari kalangan ulama, mubaligh, buruh, tokoh masyarakat hingga kalangan milenial.

Baca juga : Beringin Pede Jakarta Timur Jadi Lumbung Suara

“Saya percaya, para relawan itu memiliki peran yang sangat penting untuk pemenangan. Meski berada dalam jalan yang sama, relawan tidak akan gesekan dengan parpol,” kata Ma’ruf usai menerima kedatangan sejumlah relawan pendukung paslon 01 di kediamannya, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta, Kamis (27/12). Namun agar fokus perjuangan tetap terjaga, bos MUI ini meminta relawan untuk selalu berkoordinasi. “Jadi dukungan dari berbagai pintu akan berbuah manis menjadi kemenangan,” jelasnya.

Mantan Rais Aam PBNU ini juga berpesan kepada para relawan untuk bekerja secara santun. Jangan menggunakan cara-cara yang dilarang. Utamakan kejujuran dan kerja keras. “Pilpres adalah kontestasi tiap lima tahun sekali. Jangan mengorbankan keutuhan bangsa. Terlalu mahal hanya dikorbankan karena pilpres,” ucapnya. 

Baca juga : Di Makassar, Sandi Sarapan Nasi Kuning Riburane

Ketua Umum Projo Karya Budianto Tarigan menuturkan, peran relawan sangat penting. Relawan berperan mengisi ruang ruang kosong baik di pilpres maupun di pileg.

“Kami punya kepengurusan di daerah. Akan kami gerakkan agar bisa memberikan penceraan ke akar rumput bahwa jokowi adalah pemimpin yang pantas untuk memimpin Indonesia sekali lagi,” tandasnya. 

Baca juga : Rieke Minta BUMN Sumbang Laba Bagi Mahasiswa RI Di Mesir

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute Karyono Wibowo menilai, keberadaan relawan cukup strategis saat ini. Pemilu yang digelar serentak, kata dia, membuat konsentrasi parpol akan terpecah antara pilpres dengan legislatif. Akibatnya, fokus pemenangan untuk pilpres tidak maksimal.

“Posisi relawan sangat strategis karena relawan fokus untuk bekerja untuk pemenangan capres,” ujarnya. Menurutnya, metode pemenangan relawan tidak hanya ditentukan dari segi kuantitas, tapi juga kualitasnya. Artinya relawan harus bisa memainkan isu, membuat konten narasi yang efektif. “Selain peran media sosial sangat penting juga dalam mempengaruhi pemilih. Tetapi yang penting adalah membuat satu konten narasi membuat pemilih tertarik dengan kandidat tersebut,” tuturnya. [HEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.