Dark/Light Mode

Al Azhar Care Gandeng Indonesia Care Bantu Penyintas Banjir Bandang Sumbar

Minggu, 9 Juni 2024 23:56 WIB
Kelompok relawan Al Azhar Care berkolaborasi dengan Indonesia Care membantu penyintas banjir bandang di wilayah Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Foto: Istimewa
Kelompok relawan Al Azhar Care berkolaborasi dengan Indonesia Care membantu penyintas banjir bandang di wilayah Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok relawan Al Azhar Care berkolaborasi dengan Indonesia Care membantu penyintas banjir bandang di wilayah Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Para relawan, memberikan pelayanan kesehatan gratis dan membuka dapur umur.

“Alhamdulillah, program ini disupport oleh lembaga Al Azhar Care Indonesia,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Care Lukman Azis, Minggu (9/6/2024).

Lukman mengungkapkan, banjir bandang yang melanda sejumlah kecamatan di wilayah Tanah Datar, Sumbar, pada 11 Mei 2024 masih menyisakan duka mendalam. Situasi tanggap darurat sudah berakhir, ratusan relawan sudah 'balik kanan'.

Baca juga : Dubes Inggris Untuk Indonesia Dominic Jermey Berpantun Ria Di Perayaan Ultah Raja Inggris

Namun, derita korban bencana justru kian terasa, bantuan dan dukungan berkurang ketika mereka belum bisa bangkit dari musibah.

Sejumlah upaya dilakukan Indonesia Care. Kali ini, bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang dan Al Azhar Care, para relawan menggelar aksi pengobatan gratis dan psikososial. Kegiatan ini melibatkan sejumlah para medis baik dari Jakarta maupun dari relawan setempat.

Pihaknya, menyampaikan rasa apresiasi kepada Al Azhar Care Indonesia yang telah mempecayai amanahnya membantu Penyintas Sumatera Barat melalui Indonesia Care dan PWI Karawang.

Baca juga : Top, BRI Masuk Daftar CNBC Indonesia Green Business Ratings 2024

Perwakilan Al Azhar Care Indonesia, Mukhsin mengaku ada rasa simpati yang besar dari para alumni Al Azhar yang tergabung dalam Al Azhar Care Indonesia atas bencana banjir bandang Marapi yang telah merenggut lebih dari 60 jiwa, ratusan luka-luka dan puluhan jiwa lainnya masih hilang.

"Kami percaya dengan track record pengurus dan relawan Indonesia Care, amanah ini bisa disalurkan langsung kepada yang berhak di Sumatera Barat. Kami sudah menyaksikan langsung kerja-kerja kerelawanan mereka di lokasi," ujar Mukhsin.

Lanjut Mukhsin, sinergi bersama dengan Indonesia Care akan terus dibangun untuk kepentingan kemanusiaan.

Baca juga : JeLiTa Academy Bantu Perempuan Indonesia Gali Potensi Diri

"Kita memiliki semangat dan platform yang serupa antara Indonesia Care dengan Al Azhar Care Indonesia," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.