Dark/Light Mode

Agustusan Di IKN, Basuki Terus Gaspol

Selasa, 18 Juni 2024 08:00 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek tanggul laut (Sheet Pile) tahap II di kampung Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nym)
Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek tanggul laut (Sheet Pile) tahap II di kampung Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nym)

 Sebelumnya 
Budi menambahkan, bandara tersebut akan mulai beroperasi awal Agustus 2024, untuk mempermudah akses para peserta maupun tamu undangan Upacara HUT RI. “Lapangan terbang kita akan siapkan tanggal 1 Agustus sudah berfungsi, Bandara Nusantara,” kata Budi di Alana Hotel & Convention Center, Yogyakarta, Rabu (13/6/2024).

Selain akses udara, akses darat juga disiapkan Kemenhub. Budi menjelaskan, pihaknya akan menyediakan fasilitas kereta api tanpa rel yang mengelilingi IKN sepanjang 7 kilometer.

Baca juga : Cyril Raoul Hakim: Kami Tempuh Semua Langkah Hukum

“Lalu, saya diminta mengkoordinasikan penggunaan mobil-mobil IVY, baik yang komersial maupun yang individu, kami sudah menghubungi beberapa pihak,” ujarnya.

Sedangkan Kementerian ESDM memastikan pasokan listrik bakal terpenuhi saat momen upacara 17 Agustus-an di IKN.

Baca juga : Alexander Marwata: Silakan Melapor Ke Mana Pun

“Progres pembangunan infrastruktur listrik di IKN beberapa dilaporkan sudah hampir selesai 100 persen,” demikian keterangan yang disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Ida Nuryatin Finahari seperti dilihat dari situs resmi Kementerian ESDM, Senin (17/6/2024).

Ida bilang, seluruh utilitas pendukung seperti listrik diharapkan sudah bisa didistribusikan melalui Multi Utility Tunnel (MUT). Tujuannya agar operasional IKN bisa berjalan sesuai dengan konsep pembangunan awal ibu kota baru tersebut.

Baca juga : Daging Kurban Sebaiknya Gunakan Wadah Alami

Di kesempatan sama, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, pihaknya sedang mencoba memfinalisasi beberapa titik MUT yang menghubungkan listrik dan utilitas lainnya. Upaya ini dapat selesai dalam 3 hingga 7 hari ke depan. “Beberapa titik MUT yang bermasalah akan diselesaikan sebulan sebelum event utama terlaksana,” sebut Danis. UMM/BYU

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 18 Juni 2024 dengan judul Agustusan Di IKN, Basuki Terus Gaspol

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.