Dark/Light Mode

PKS Duetkan Anies-Sohibul Iman

Di Pilpres: Amin Di Pilkada: Aman

Rabu, 26 Juni 2024 08:20 WIB
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman (kiri) dan Gubernur DKI Anies Baswedan. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman (kiri) dan Gubernur DKI Anies Baswedan. Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Karena itu, Eriko menilai, duet Anies-Sohibul mudah retak, karena koalisi parpol pengusung pasangan cagub-cawagub baru bisa dikatakan solid setelah mendaftarkan jagoannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 27–29 Agustus 2024.

“Belum ada yang namanya keputusan final,” ujar Eriko, di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Eriko juga meyakini masih banyak dinamika politik yang terjadi, karena sampai saat ini pun PDIP masih membangun komunikasi dengan partai politik lain agar bisa mencalonkan pasangan cagub dan cawagub Jakarta. “Nanti dengan partai mana, inilah yang sebentar lagi akan kami komunikasikan dalam tingkat DPP,” pungkasnya.

Baca juga : Layanan Imigrasi (Sementara) Dipindahkan Ke Situs Amazon

Sementara, Juru Bicara Relawan Anies, Iwan Tarigan mengaku, tidak ambil pusing dengan calon wakil gubernur yang disodorkan partai politik untuk Anies. Sebab, hal itu merupakan ranah para ketua umum parpol koalisi nantinya.

Ia hanya berharap, para parpol yang mau mengusung Anies lebih cepat mendeklarasikan dukungannya supaya kerja mesin politik bisa langsung tancap gas.

Sementara itu Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno berpandangan, PKS pada akhirnya memilih realistis dengan mengusung Anies sebagai cagub. Walaupun sebelumnya sempat mengusung Sohibul sebagai cagub.

Baca juga : Perang Lawan Judi Online Mulai Intens

Menurut Adi, ada dua hal yang dipertimbangkan PKS. Pertama, elektabilitas Anies jauh lebih tinggi dibanding Sohibul. Kedua, pemilih PKS beririsan ketat dengan pemilih Anies. Mengingat, PKS pernah mendapat efek ekor jas ketika mengusung Anies di Pilpres 2024.

“Jadi variable ini yang sebenarnya bisa menjelaskan kenapa PKS itu realistis,” ujar Adi, semalam.

Kata dia, PKS punya intensi memajukan kader mereka dan akhirnya mengusulkan Sohibul sebagai pasangan Anies. Adi pun menilai sikap ini menjadi sebuah proposal yang ditawarkan khusus kepada PKB. BYU

Baca juga : Fuadi Luthfi: Bicara Kader, Kami Punya Stok Berkualitas

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 1 & 8, edisi Rabu, 26 Juni 2024 dengan judul "PKS Duetkan Anies-Sohibul Iman Di Pilpres: Amin Di Pilkada: Aman"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.