Dark/Light Mode

Pamer Hasil Rontgen Paru-paru, Hexohm Klaim Baik-baik Saja

Senin, 25 November 2019 22:58 WIB
Para anggota Hexohm Indonesia saat kumpul di Mitra Terrace, Jakarta Pusat, akhir pekan kemarin. (Foto: Istimewa)
Para anggota Hexohm Indonesia saat kumpul di Mitra Terrace, Jakarta Pusat, akhir pekan kemarin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas pengguna rokok elektrik (vape) yang tergabung dalam Hexohm Indonesia memperlihatkan hasil rontgen thorax atau paru-paru para vapers di Mitra Terrace, Jakarta Pusat, akhir pekan kemarin. Humas Komunitas Hexohm Indonesia, Andika Widhi, mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk melawan opini negatif terhadap vape. 

“Kami merupakan pengguna vape dari hitungan bulan sampai lebih dari 5 tahun, sangat merasakan impact positif dari vape. Seperti hilang sesak di dada, pernapasan lebih lega, lebih berenergi ketika olah raga,” kata Andika, dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/11).

Baca juga : Perokok Pasif Kena Kanker Paru-paru Naik 25 Persen

Dia menjelaskan, para komunitas memperlihatkan hasil rontgen thorax untuk membuktikan kesehatan sekaligus menjawab tudingan-tudingan yang menyudutkan pengguna vape. “Rontgen thorax dipilih untuk membuktikan secara medis dan ditunjukkan ke orang-orang bahwa kami pilih vape dan kami baik-baik saja. Terutama di bagian paru-paru dan jantung,” ujarnya.

Atas hal itu, produsen liquid vape ini berharap pemerintah tidak melarang begitu saja penggunaan tembakau alternatif. Sebab, pengguna aktif tembakau alternatif sudah banyak di Indonesia yang telah merasakan manfaat positifnya. “Dari sisi industri liquid pun sudah diregulasi dengan adanya pita cukai,” jelas dia.

Baca juga : Pemilu Membunuhmu, Sejarah Kelam Bagi Anak-Cucu

Andika menambahkan, perlu adanya kajian secara terbuka yang dilakukan pemerintah, baik Kementerian Kesehatan maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Kajian terbuka lebih lanjut mungkin yang perlu difokuskan oleh pemerintah. Karena dari sisi konsumen sudah banyak yang merasakan dampak positifnya,” katanya.

Ketua Hexohm Chapter Jakarta, Reza Bombom, mengatakan kegiatan ini mempertemukan para member Hexohm Indonesia dalam rangka memperingati Anniversary Hexohm Jakarta. Hexohm Chapter Jakarta merupakan 1 dari 85 chapter bagian dari komunitas Hexohm Indonesia dengan jumlah anggota lebih dari 6.000 yang tersebar diseluruh Indonesia.

Baca juga : Sandiaga: Pak Prabowo Banyak Senyum

Vape itu mempertemukan saya dengan teman-teman baru di komunitas ini. Banyak manfaat positif yang kami rasakan. Kami siap bersama dengan seluruh chapter Hexohm Indonesia dan komunitas lain untuk menjaga agar eksistensi vape di Indonesia terus ada,” katanya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.