Dark/Light Mode

Tutup Tahun, Pemerintah Realisasikan Program Santripreneur

Senin, 25 November 2019 19:51 WIB
Kementerian Perindustrian meresmikan Program Penumbuhan Wirausaha Baru melalui Bimbingan Teknis Produksi dan Fasilitasi mesin/peralatan Konblok (Paving Blok), di pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta Selatan, Senin (25/11).
Kementerian Perindustrian meresmikan Program Penumbuhan Wirausaha Baru melalui Bimbingan Teknis Produksi dan Fasilitasi mesin/peralatan Konblok (Paving Blok), di pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta Selatan, Senin (25/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Santripreneur tahun ini dipastikan bakal terealisasi sesuai target. Tahun 2019, ada sebanyak 21 pesantren yang ditargetkan mendapat program tersebut.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengungkapkan sampai November 2019, sudah ada 20 pesantren yang mendapat bantuan program bantuan santripreneur. Tinggal satu pesantren yang akan mendapat bantuan.

"Tahun ini tinggal pesantren di Malang yang nanti kita beri bantuan program santripreneur. Bulan Desember nanti kami akan ke Malang," ujar Gati saat memberi sambutan pada peresmian Program Penumbuhan Wirausaha Baru melalui Bimbingan Teknis Produksi dan Fasilitasi mesin/peralatan Konblok (Paving Blok) di pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta, Senin (25/11).

Dia menjelaskan, program ini penting untuk mewujudkan kemandirian industri nasional yang bebasis ekonomi syariah. Santripreneur adalah program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) di lingkungan pondok pesantren.

“Program Santripreneur merupakan salah satu wujud konkret dari upaya pemerintah saat ini dalam menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan para santri di pondok pesantren (ponpes),” katanya.

Baca juga : Pemerintah Batasi Kecepatan Truk

Gati menjelaskan, untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang lebih baik adalah tugas dan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dengan masyarakat.

“Oleh karena itu, saya mendorong agar para santri selepas lulus dari pondok pesantren tidak hanya menjadi guru di Mushola atau Masjid tapi juga menjadi seorang Santripreneur,” tegasnya.

Program Penumbuhan Wirausaha Baru IKM di pondok pesantren Darunnajah ini diberikan dalam bentuk Bimbingan Teknis Produksi dan Fasilitasi mesin/peralatan Konblok (Paving Blok).

“Peserta bimbingan teknis yang merupakan santri dan alumni, serta pengurus pondok pesantren diharapkan pada akhirnya akan menjadi wirausaha yang mandiri, dan dapat menjadi pionir bagi santri lainnya untuk maju dan berkembang dalam berwirausaha,” tutur Gati.

Gati menambahkan, fasilitasi mesin/peralatan produksi produk Konblok diberikan kepada pondok pesantren Darunnajah 14 dengan harapan, alat ini dapat dimanfaatkan bagi pondok pesantren sebagai unit bisnis yang baru.

Baca juga : Sambut Akhir Tahun 2019, Sharp Berikan Promo Khusus

Pondok Pesantren Darunnajah yang saat ini mempunyai cabang sebanyak 17 Ponpes dengan santri sebanyak 15.000 santri, pada tahun ini Ponpes Darunnajah 14 yang berlokasi di Serang, Banten akan menjadi salah satu lokus penumbuhan wirausaha industri.

Ponpes Darunnajah 14 di Serang, Banten ini memiliki santri lebih dari 300 orang yang ingin mengembangkan usaha di bidang Konblok yang merupakan komoditi sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Program santripreneur oleh Ditjen IKMA telah berlangsung Sejak Tahun 2013 hingga September 2019, dengan membina sebanyak 40 pondok pesantren dengan jumlah santri sebanyak 8.128 orang yang telah diberikan Pengetahuan Wawasan Kebangsaan, motivasi kewirausahaan, pelatihan produksi serta bantuan mesin/ peralatan di berbagai bidang.

Bidang tersebut antara lain: olahan pangan & minuman, perbengkelan roda dua; kerajinan boneka dan kain perca; konveksi busana muslim & seragam; daur ulang sampah dan produksi pupuk organik cair, Kosmetik dan Home care dan sekarang di bidang pembuatan konblok atau PavingBlok.

Gati memaparkan, pondok pesantren dapat berperan strategis dalam mendukung pertumbuhan industri di Indonesia. Menurutnya, pondok pesantren memiliki peran sebagai “Agent of Development” yang sangat penting dan strategis dalam mengembangkan sumber daya masyarakat di pedesaan, sehingga menjadi sarana yang penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Kementan Tak Pernah Cabut Kewajiban Tanam Bawang Putih bagi Importir

Berdasarkan data Kementerian Agama sampai Agustus 2019, jumlah pondok pesantren di Indonesia diperkirakan sebanyak 28.194 yang tersebar di seluruh provinsi dengan total santri sekitar 4.290.626 santri.

Dari total 28.194 pondok pesantren, sekitar 23.331 pondok pesantren (80 persen) diantaranya tersebar di 4 (empat) provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten.

“Pondok pesantren memiliki potensi dalam penyediaan sumber daya manusia, yaitu para santri yang berkualitas, ulet, sabar, jujur dan tekun,” ungkap Gati.

Pondok pesantren juga memiliki potensi pemberdayaan ekonomi, mengingat sudah banyak pondok pesantren yang mendirikan koperasi, mengembangkan berbagai unit bisnis atau industri berskala kecil dan menengah, dan memiliki inkubator bisnis.

Dengan jumlah pondok pesantren dan santri yang cukup besar, pondok pesantren memiliki potensi yang strategis untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional, salah satunya melalui penumbuhan wirausaha industri baru di lingkungan pondok pesantren. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.