Dark/Light Mode

Pemilihan Ketum REI

Totok Lusida Menang Mutlak

Jumat, 29 November 2019 08:10 WIB
Paulus Totok Lusida. (Foto: Istimewa)
Paulus Totok Lusida. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paulus Totok Lusida resmi menjadi Ketua Umum Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) periode 2019-2022. Dia menang mutlak dari rivalnya Joko Suranto.

Perolehan suara tokoh pengembang asal Jawa Timur itu, unggul jauh dari Joko. Totok berhasil kantongi 134 suara atau 64,4 persen dari total 208 pemilih. Sementara Joko meraup 72 suara atau 34,6 persen dari total sua ra pemilih. Sisanya, 2 suara dinyatakan tidak sah.

Pemilihan Ketum REI berlangsung secara terbuka. Masing-masing DPD diwakili pemilih. Dari 35 DPD yang hadir, ada 208 pemilih yang berhak memberikan suara. Pemilihan digelar di Hotel Inter Continental, Pondok Indah, Jakarta.

Baca juga : Nyalla Dukung Totok Lusida

Kemenangan Totok menjadi sejarah baru dalam pemilihan Ketua Umum REI. Sebab, sebelumnya tidak ada kandidat yang bisa unggul dengan selisih lebih dari 10 persen suara.

Selain itu, kemenangan ini juga adalah kali pertama berhasil ditoreh oleh tokoh pengembang Jatim, dalam perebutan kursi ketua umum. Di mana sebelumnya selalu kalah, walaupun Jatim memiliki anggota yang dominan.

Eks Sekjen REI itu mengatakan, tiga tahun terakhir banyak pencapaian yang dihasilkan oleh DPP REI di bawah kepemimpinan Soelaeman Soemawinata. Siang-malam, kepengurusan sebelumnya mengawal kepentingan anggota REI dari berbagai kebijakan yang silih-berganti dikeluarkan pemerintah.

Baca juga : Menteri Keuangan Manjakan Investor

Di tengah bisnis properti yang sedang slow down, Totok mengatakan, masih dibutuhkan perbaikan-perbaikan dari 7 pilar yang menjadi prioritas kerja kepengurusan sebelumnya. Di antaranya pendidikan dan pelatihan, pembiayaan dan perbankan, pertanahan, perpajakan, infrastruktur, tata ruang serta hukum dan perizinan.

Dia menegaskan, bahwa pengurus DPP REI yang baru akan melanjutkan berbagai capaian yang yang sudah dilakukan kepengurusan sebelumnya. Dia juga akan menuntaskan pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai. “Kerja harus dilanjutkan,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam visi misi pencalonan sebagai Ketum, Totok menyampaikan ingin membangun kerja sama yang lebih erat antara pengem bang besar dan kecil di daerah. Yakni dengan merealisasikan kerja sama untuk kewajiban hunian berimbang.

Baca juga : Pertumbuhan Data Center RI Kalah Jauh Dibanding Singapura

Ia juga ingin memperkuat hubungan baik dengan pemerintah untuk mewujudkan pengadaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Saat ini sudah pasti ada tambahan dana Rp 2 triliun untuk MBR dari pemerintah di akhir tahun ini,” tuturnya.

Selain visi-misi, kemenangan ini juga tidak terlepas dari peran dan hubungan yang erat Totok dengan pengusaha properti di daerah, khususnya di Jatim. Sebelum menjadi Sekjen REI, Totok sempat memimpin DPD REI Jatim.

Ketika sudah menjabat di DPP, Totok tetap concern dalam pembangunan di daerah. Termasuk saat menginisiasi dan menggalang pembangunan underpass bundaran Satelit Surabaya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.