Dark/Light Mode

Operasikan Gardu Induk Baru

PLN Jamin Listrik Handal di Solok Selatan

Jumat, 20 Desember 2019 12:25 WIB
PLN sukses membangun dan mengoperasikan Jaringan Tegangan Tinggi Tegangan Listrik (TL) dan Gardu Induk (GI) 150 kV Muaro Labuh.
PLN sukses membangun dan mengoperasikan Jaringan Tegangan Tinggi Tegangan Listrik (TL) dan Gardu Induk (GI) 150 kV Muaro Labuh.

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, dengan pasokan listrik saat ini, bakal membawa Solok Selatan semakin bergairah dalam berkembang ke depannya.

"Sebelumnya, di Solsel sering sekali terjadi gangguan listrik dan padam karena memang terbatasnya energi, sehingga jika ada gangguan listrik, padamnya bisa cukup lama dan berkali-kali dalam satu hari. Namun dengan adanya sokongan GI dan PLTP ini Kami yakin itu tidak akan terjadi lagi," kata Muzni Zakaria.

Ia juga mengungkapkan, potensi energi masih banyak di Solsel, sehingga pengusaha dapat memanfaatkan potensi tersebut. Target dari pengerjaan listrik di Solsel mencapai 220 Megawatt (MW), dari jumlah saat ini yang masih di angka 80 MW.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Demam Babi Afrika di Sumut Telah Ditangani

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga hadir pada kegiatan tersebut juga menyampaikan rasa senangnya atas peresmian pembangkit tenaga listrik EBT di Solsel.

Ia menjelaskan, sebelumnya PLN juga meresmikan jaringan listrik di Gardu Induk (GI) Sungai Rumbai dengan tegangan 20 kV Gardu Induk Sungai Rumbai (1x30 MVA). Dengan demikian, aspek kelistrikan di Kabupatennya sudah sangat menjanjikan.

"Kami menyadari harus bersama dalam membangun daerah, tidak bisa pemerintah daerah saja. Butuh dukungan dari berbagai pihak. Listrik sangat memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan terpenuhinya kebutuhan listrik tersebut, membuktikan bahwa pemerintah memiliki perhatian yang besar pada masyarakat dalam kebutuhan kelistrikan," kata Sutan Riska.

Baca juga : BBM Dan Harga Sembako Aman

Salurkan Bantuan 

Pada kesempatan yang sama, PLN juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat sekitar GI yang membutuhkan.

PLN melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) dan PLN Peduli (CSR) menyalurkan bantuan senilai Rp165 juta untuk masyarakat sekitar dan masyarakat terdampak bencana banjir di Solsel.

Baca juga : Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman

Sementara PLN UIP Sumbagteng tak ketinggalan memberikan santunan kepada anak yatim/piatu. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.