Dark/Light Mode

Jadi Koordinator BUMN Bantu Banjir Jakarta Timur

WIKA Koordinasikan Penyaluran Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak

Minggu, 5 Januari 2020 14:12 WIB
Bantuan dari #BUMNBantuBanjir. (Foto: Dok. WIKA)
Bantuan dari #BUMNBantuBanjir. (Foto: Dok. WIKA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca hujan berintensitas tinggi yang mengguyur Jabodetabek jelang pergantian tahun, beberapa titik banjir muncul di sejumlah wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Tanggap akan hal itu, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA, gerak cepat dalam menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak, sejak Rabu (1/1). Khususnya bagi warga wilayah Jakarta Timur dan Bekasi.

Hadir pada periode awal penanganan bencana banjir, Manajer Corporate Relations WIKA Achmad Harris A Soekamto mengungkapkan tim tanggap darurat bencana WIKA yang bergerak di wilayah Kelurahan Cipinang, Cibubur, dan Bekasi, berhasil menyalurkan bantuan dalam memenuhi berbagai kebutuhan mendesak. Seperti tenda, logistik, kebutuhan pokok.

Baca juga : Peduli Korban Banjir, KAI Sediakan Pos Kesehatan dan Rail Clinic di Jalur Rel Yang Sulit Terjangkau

Selain itu, juga melakukan proses evakuasi masyarakat terjebak banjir. Bekerja sama dengan Kepolisian, TNI dan Basarnas.        

“Bantuan difokuskan pada pengamanan masyarakat terdampak di sekitar perkantoran WIKA di Jakarta Timur, serta bagi karyawan WIKA. Kita juga membangun posko bagi korban di Jalan Al-Muqorrobin, Kelurahan Cipinang Melayu dan di kantor WIKA Tower II,” ungkap Harris dalam keterangan  tertulis yang diterima RMco.id, Minggu (5/1).        

Menyambung aksi tanggap darurat bencana banjir yang terjadi, Harris juga mengatakan, WIKA ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai Koordinator wilayah Jakarta Timur. Langkah awal yang diambil adalah pendirian posko tanggap darurat.        

Baca juga : 10 Bandara Angkasa Pura I Raih Akreditasi Pelayanan Bandara Tingkat Dunia

“Posko tanggap darurat bertujuan untuk menjadi pusat koordinasi, sekaligus tempat pengungsian sementara bagi warga terdampak banjir di Jakarta Timur ini. Posko ini kami dirikan di Gelanggang Remaja, Jalan Otto Iskandar Dinata, Kampung Melayu, Jatinegara," jelas Harris.        

Sinergi #BUMNBantuBanjir yang tergabung dalam WIKA-BNI-Mandiri-JIEP-Nindya Karya-Indofarma-Antam-PP-Waskita Karya-Indra Karya-PNRI-PPD-Yodya Karya ini memastikan, proses penanggulangan banjir di kawasan tersebut berlangsung lancar.

Pendirian posko dan Sinergi BUMN yang terbentuk akan semakin memudahkan koordinasi maupun penyaluran bantuan. Seperti tenda, selimut, pakaian, bahan pangan, air bersih, kebutuhan bayi, alat kebersihan serta dapur umum untuk kurang lebih 13.516 pengungsi di wilayah tersebut. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.