Dark/Light Mode

KPK di Bawah Firli

Sibuk Jabat Tangan, Sepi Tangkap Tangan

Selasa, 21 Januari 2020 06:20 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Tedy O. Kroen/RM)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Tedy O. Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah memburuknya kepercayaan rakyat karena melempemnya operasi tangkap tangan, KPK di bawah komando Komjen Firli Bahuri justru sedang sibuk melakukan “jabat tangan” ke berbagai kalangan.

Sejak menjabat ketua KPK, Firli memang sibuk mengajak jajarannya silaturahmi. Mulai dari Mabes Polri, Kemenko Polhukam, BPK, Kejaksaan Agung, DPR, MPR, Dewan Pengawas, hingga wartawan.

Silaturahmi pertama dilakukan Firli ke Mabes Polri, institusi asalnya, pada 6 Januari. Mantan Kapolda Sumsel itu mengajak serta empat komisioner lainnya; Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli, dan Nurul Ghufron sowan ke markas korps baju cokelat. Firli cs disambut langsung Kapolri, Jenderal Idham Azis.

Baca juga : Politik Gantian, Seperti Sepak Bola

Keesokan harinya, 7 Januari, Firli Cs safari ke Kemenko polhukam, BPK, dan Kemenkeu. Kepada Menko polhukam Mahfud MD, Firli menyatakan datang untuk memperkenalkan diri karena KPK termasuk ke dalam rumpun eksekutif dan penegakan hukum.

Sementara dengan BPK, KPK memperbaharui nota kesepahaman alias MoU. Salah satunya perihal penghitungan kerugian negara.

Ada pun dengan Menkeu Sri Mulyani, Firli cs membahas mengenai transisi status pegawai KPK menjadi ASN atau PNS. Juga, masalah pencegahan korupsi di sektor pelayanan dan tata niaga pemerintahan.

Baca juga : Wahyu Setiawan Akui Berkawan Dekat Dengan Para Tersangka

Silaturahmi berlanjut ke Kejagung pada 8 Januari. Firli bersama pimpinan KPK lainnya disambut Jaksa agung ST Burhanuddin. Dalam pertemuan selama satu jam, Firli bilang, KPK memperbaharui beberapa kesepakatan. Salah satunya terkait dengan penanganan perkara dalam wujud SPDP (Surat Perintah Dimulainya Penyidikan Elektronik).

Kemudian, pada 14 Januari, Firli Cs menyambangi MPR. Firli bilang, komisinya minta dukungan untuk memberantas korupsi. Sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo memberikan perhatian pada kasus-kasus besar yang belakangan menjadi perbincangan secara nasional. Di antaranya, Jiwasrayagate dan dugaan korupsi di PT Asabri.

Plt Jubir KPK bidang Pencegahan, Ppi Maryati Kuding, menyebut, Firli cs juga sempat menyambangi BPKP, Mabes TNI, dan PPATK. Dengan PBKP dilakukan pada 10 Januari, dengan TNI pada 14 Januari.

Baca juga : Banjir Jakarta, Layanan Operasional BRI Lancar Jaya

Kemarin, Firli Cs kembali melakukan silaturahmi. Kali ini dengan pimpinan DPR dan pimpinan Komisi III DPR di Gedung Nusantara III, sekitar pukul 2 siang.

Melihat banyak wartawan yang menunggu di pintu depan, Firli tak jadi turun dari mobil langsung naik lagi. Dia memilih jalan memutar dan turun di depan Gedung Nusantara II. Setelah bertemu, Firli tampak tergesa.

“Jangan kasih komentar! Jangan kasih komentar! Kita kan tadinya ke Komisi III ketemunya,” ujar Firli sembari menunjuk seorang wartawan. Ia kembali berjalan ke arah Gedung Nusantara III.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.