Dark/Light Mode

Paket Lengkap untuk Hadapi Era 4.0, Mekatronika Jadi Prodi Favorit Mahasiswa SGU

Kamis, 27 Februari 2020 23:57 WIB
Mahasiswa Prodi Mekatronika Swiss German University (SGU). (Foto: Dok. SGU)
Mahasiswa Prodi Mekatronika Swiss German University (SGU). (Foto: Dok. SGU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program studi (prodi) Mechathronics atau Mekatronika menjadi pilihan favorit mahasiswa-mahasiswi yang sedang menempuh kuliah di Swiss German University (SGU). Sebab, prodi tersebut menggabungkan atau mensinergikan disiplin ilmu mekanika, ilmu elektronika dan informatika. Sehingga itu dinilai sebagai paket lengkap untuk mahasiswa agar lebih mudah bersaing di era industri 4.0.

Demikian disampaikan Head of Public Relations SGU, Ratih Marini, dalam Media Gathering SGU bertema “Empowering Next Generation Professionally To Embrace the Digital Transformation Era”, di HopeClat Kitchen & Tea Room, Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Kamis (27/2)

Baca juga : Menristek Janji Fasilitasi Mahasiswa Riset Teknologi

“Melalui prodi Mekatronika, kita mempelajari tiga aspek yaitu mekanik, elektronik, dan information technology, Tiga skill yang sangat dibutuhkan di era ini,” kata Ratih.

Ratih menerangkan, SGU merupakan universitas pertama yang membuka prodi Mechathronics di Indonesia. “SGU membuka prodi Mechathronics untuk mengantisipasi munculnya profesi-profesi baru di masa depan,” terangnya.

Baca juga : Jeka Saragih Hadapi Mhar John Manahan di International Fight Kelas Ringan

Ratih menambahkan, serangkaian program edukasi SGU yang beriringan dengan adanya tren transformasi digital serta menyesuaikan diri dengan kebijakan baru pemerintah terkait peningkatan sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan global.

“Salah satunya adalah dengan kebijakan Kampus Merdeka yang keempat. SGU sebagai perguruan tinggi memberikan pelatihan kepada siswa untuk magang atau praktik kerja di industri atau organisasi sebagai jam kegiatan guna melatih pelajar untuk lebih siap menghadapi tantangan di dalam suatu perusahaan atau organisasi,” ujarnya.

Baca juga : Kopi Indonesia Jadi Favorit Pameran Luxor

Selain itu, SGU memiliki program double degree. Pelajarnya wajib untuk melakukan magang di dalam negeri ketika masuk semester tiga. Selanjutnya, magang dan melakukan kegiatan perkuliahan di luar negeri ketika memasuki semester enam.  “Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa SGU telah menjadi terdepan dan mendukung kebijakan pemerintah,” tutupnya.

Sejak resmi berdiri pada 2010, SGU telah meluluskan ribuan alumni. Terdiri dari S1 sekitar 3.500 lebih dan untuk S2 mencapai 700 lebih. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.