Dark/Light Mode

Ikut Tangani Covid-19, Duta Petani Milenial Pasarkan Pangan Langsung dari Petani

Minggu, 22 Maret 2020 14:39 WIB
Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementan Dedi Nur Syamsi salam komando dengan perwakilan Duta Petani Milenial Sandi Octa Susila. (Foto: Humas Kementan)
Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementan Dedi Nur Syamsi salam komando dengan perwakilan Duta Petani Milenial Sandi Octa Susila. (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Petani Milenial (DPM) yang berada di bawah Kementerian Pertanian (Kementan) tidak tinggal diam dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang tengah menyerang hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebuah inisiasi baik mereka luncurkan, yaitu “Gebrakan Duta Petani Milenial Sigap Covid-19” yang diwujudkan dengan program layanan online “AYOMART”. Mereka siap memasarkan kebutuhan pangan masyarakat dari petani langsung. 

Gagasan ini berangkat dari kepedulian DPM terhadap kondisi masyarakat, utamanya petani, akibat merebaknya Covid-19. Selain itu, DPM juga ingin membantu Kementan yang sedang berjibaku berjuang menyediakan pangan bagi rakyat Indonesia. 

Baca juga : Di Tengah Wabah Covid-19, BI Pastikan Tugas dan Layanan Publik Berjalan Normal

“Kami ingin turut berjuang secara konkret dan berkontribusi terhadap NKRI tercinta. Kami tidak ingin dengan didaulatnya sebagai DPM Kementan jadi malah sebagai penonton saja. Kami sepakat akan kontribusi dengan melakukan gebrakan menyediakan pangan. Kami kumpulkan berbagai macam produk pertanian yang dihasilkan dari para DPM di berbagai wilayah dengan multi varian komoditas. Untuk mengawali program ini, fokus kami di daerah DKI Jakarta dan nanti akan berlanjut ke daerah lainnya,” ujar Sandi Octa Susila, salah satu pengusaha pertanian hortikultura asal Cianjur yang juga menjadi DPM dan mendapatkan penghargaan Kick Andy Heroes 2020.

Kata Sandi, tujuan layanan ini juga untuk memberikan ketersediaan pangan di tengah panic buying, dengan menghadirkan berbagai paket produk pertanian. Seperto sayur sop, sayur asam, empon-empon, dan sebagainya.

Baca juga : Perangi Covid-19, PWI Peduli Galang Dana

“Untuk meredam panic buying yang saat ini merebak di masyarakat, kami akan luncurkan beberapa paket produk pertanian. Jaadi, nanti masyarakat/konsumen tinggal memesan melalui contact person yang ada di pengumuman official atau tinggal klik produk apa yang diperlukan yang tersedia di website yang telah kami sediakan. Kami akan hadirkan paket murah tanpa harus keluar rumah,” terang Sandi. 

Jatu Barmawati, DPM yang juga pengusaha ekspor pertanian komoditas manggis, menerangkanm program layanan ini sangat simpel. “Teman-teman DPM yang punya produk bisa dikoordinir dan kemudian akan kami display di web ayomart.id. Untuk barang di area sekitar Jabodetabek bisa didrop ke packing house saya, lalu disebarkan ke konsumen melalui titik terdekat,” ujar Jatu. 

Baca juga : Perangi Covid-19, Pertamina EP Sangasanga Field Bagikan Alat Kebersihan untuk Tempat Ibadah

Di tengah mewabahnya Covid-19, ada satu produk pertanian yang menarik dan menurut penelitian mampu mencegah infeksi berbagai virus. Yaitu empon-empon. Empon-empon ini terdiri dari temulawak, jahe, kunyit, jahe merah. 

“Produk ini juga termasuk produk yang akan kita salurkan melalui AYOMART. Nanti akan dibuat per pack yang berisi ramuan empon-empon, sehingga masyarakat hanya tinggal mengolahnya saja di rumah,” ungkap Sandi. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.