Dark/Light Mode

Lawan Covid-19, JHL Group Sumbang Ribuan Perlengkapan Medis ke Beberapa Rumah Sakit

Sabtu, 4 April 2020 21:32 WIB
JHL Group saat memberikan bantuan berupa ribuan APD dan perlengkapan medis pada beberapa rumah sakit di daerah Tangerang, Banten. (Foto: Istimewa)
JHL Group saat memberikan bantuan berupa ribuan APD dan perlengkapan medis pada beberapa rumah sakit di daerah Tangerang, Banten. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia makin tinggi. Pemerintah menyebut, hingga Sabtu (4/4) ada 2.092 kasus positif, 150 pasien sembuh, dan 191 orang meninggal.

Belum terbendungnya virus yang kali pertama dilaporkan di Wuhan, Tiongkok itu membuat kebutuhan alat kesehatan bagi petugas medis makin meningkat.

JHL Group melalui Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) Peduli memberikan bantuan berupa ribuan Alat Pelindung Diri (APD) dan perlengkapan medis lainnya bagi mereka.

"Termasuk masker hingga sarung tangan standar medis. Akan kami akan datangkan 7.300 APD untuk tenaga medis," ujar pengusaha Jerry Hermawan Lo, pemilik grup bisnis yang menaungi JHL Group dalam rilis yang diterima RMco.id, Sabtu (4/4).

Baca juga : Perangi Covid-19, Perempuan Golkar Peduli Sumbang APD dan Alkes Senilai Rp 500 Juta

Jerry menyebut, JHL Group menyadari, petugas kesehatan sebagai garda terdepan penanganan virus ini membutuhkan banyak alat kesehatan. Untuk mempermudah konsolidasi, JHL Group mendirikan posko bantuan Covid-19 di depan JHL Auto, Gading Serpong. Posko itu sudah berdiri sejak Senin, 30 Maret.

Hingga kini, JHL Group sudah memberikan ribuan masker, sarung tangan, dan vitamin ke banyak rumah sakit dan puskesmas di kawasan Tangerang dan sekitarnya.

Di antaranya, RS Melati, RS Qadr, RS Tiara, RS Daan Mogot, RS Ilanur Balaraja, RS Selaras Cikupa, RS Permatan Hati Cikupa, RS Sitanala, RS Sari Asih, RS Cinta Kasih, RS Mitra Keluarga Gading Serpong, RS Selaras dan Puskesmas Pakuhaji.

Setiap rumah sakit mendapatkan bantuan sekitar 2.000 masker, 130 box sarung tangan standar medis dan 1.500 strip vitamin. Saat ini, bantuan memang lebih banyak disalurkan untuk petugas medis di Kawasan Tangerang.

Baca juga : Perangi Covid 19, Pengusaha Catering Berikan Ribuan Nasi Kotak Untuk Tenaga Medis di Depok

Perkembangan kasus Covid-19 di daerah Banten juga cukup pesat. Seperti dilaporkan pemerintah pada Sabtu (4/4), di Provinsi Banten ada 173 kasus terkonfirmasi virus korona. Lalu, ada 7 pasien sembuh, dan 17 meninggal dunia. Kasus di Banten merupakan tertinggi ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dengan 1.028 kasus, dan Jawa Barat dengan 247 kasus.

Jerry memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk semua dokter, perawat dan tenaga medis di seluruh Indonesia yang. Sebab, mereka berada di garda terdepan untuk menanggulangi wabah Corona.

“Saya mewakili JHL Group tak pernah bosan memberikan hormat setinggi-tingginya kepada semua tenaga medis yang terus berjuang. Semoga mereka tetap semangat dan terus diberikan kesehatan sehingga bisa melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini,” imbuh Jerry.

Sebagai pengusaha di Tangerang, JHL Group tidak hanya memberikan bantuan untuk petugas medis. Tetapi juga masyarakat umum yang terdampak. Para pekerja harian yang masih mencari rejeki bisa dikatakan rentan terjangkiti virus. Itulah kenapa, pemerintah membuat kebijakan untuk tetap di rumah atau bekerja dari rumah.

Baca juga : Negeri Ginseng Sumbang Alat Medis dan Perlengkapan Karantina

Untuk menjaga para pekerja harian dari dampak ekonomi yang menurun, JHL Group menyiapkan kebutuhan pokok. Di antaranya beras dan mi instan. Bantuan tersebut akan diberikan kepada para pekerja harian seperti ojek online, pembantu rumah tangga, hingga petugas kebersihan.

Menurut Jerry, untuk tahap awal, JHL Group menyediakan 60 ton beras dan 2000 dus mie instan. “Intinya, kami ingin menunjukkan tanggung jawab sebagai manusia yang peduli dan membantu sesama. Terutama, bagi yang membutuhkan,” bebernya.

Untuk memastikan bantuan tersebut sampai ke tangan yang tepat, JHL Group tidak mendistribusikan sendiri. Mereka menggandeng instansi-instansi terkait di sekitar Tangerang. Misalnya, Polres Metro Tangsel, Kodim 0506 Tangerang dan Pemkab Tangerang. Meski saat ini masih fokus di Tangerang, Jerry memastikan kemungkinan untuk mendistribusikan bantuan ke wilayah lain sangat terbuka.

“Semoga bantuan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk lingkungan Tangerang dan sekitarnya,” tutup Jerry sembari berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.