Dark/Light Mode

Awas, Ada Akun Palsu BNPB Cari Donasi Covid-19

Minggu, 12 April 2020 22:53 WIB
Akun Palsu BNPB Untuk Cari Donasi Covid-19
Akun Palsu BNPB Untuk Cari Donasi Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi. 

Saat ini, BNPB menemukan akun instagram palsu mengatasnamakan BNPB yang membuka donasi uang di tengah pandemik Covid-19.

Baca juga : Alhamdulillah, 6 Pasien Di Jatim Sembuh Covid-19

"Pengguna media sosial Instagram tersebut menggunakan akun bnpb.go.idd," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam rilis yang diterima redaksi RMco, Minggu (12/4/2020).

Menindaklanjuti akun tersebut, BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk pemblokiran.

Baca juga : Banyak Desa Kebingungan Tangani Covid-19

Ditegaskan, terkait dengan penerimaan donasi, Gugus Tugas telah memiliki rekening yang secara resmi digunakan untuk membantu penanganan Coronavirus disease 2019 atau COVID – 19.

Agus menjelaskan, akun palsu BNPB ini menuliskan “Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai Yang Donatur kasih kan di simpan buat Uang Kas IndOnesia.” 

Baca juga : Awas, Perokok Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

Pada akun tersebut, pemilik akun mencantumkan nomor rekening BNI. Akun tersebut juga menggunakan logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.