Dark/Light Mode

Enggartiasto Kirim Bantuan APD, Wali Kota Cirebon Ucapkan Terima Kasih

Kamis, 30 April 2020 04:36 WIB
Enggartiasto Lukita saat mengecek bantuan APD/Ist
Enggartiasto Lukita saat mengecek bantuan APD/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih terhadap kepedulian pengusaha asal Cirebon yang juga mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Enggar memberikan bantuan APD berupa masker dan lainnya yang diperlukan untuk membantu penuntasan dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Pemberian bantuan untuk meringankan tim medis bekerja, dengan mengenakan pakaian yang terlindungi.

“Ini upaya nyata salah satu putera terbaik asal Kota Cirebon (Enggar-red), sangat memperhatikan kondisi kampung halamannya. Semoga ini mampu memotivasi kita dalam menjalankan tugas mengatasi Covid-19,” ungkap Azis, usai menerima bantuan tersebut.

Baca juga : Eks Mendag Enggartiasto Ajak Pengusaha Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

Menurutnya, Pemerintah Kota Cirebon sangat berterima kasih atas bantuan dalam bentuk APD ini. Bantuan yang diberikan sangat lengkap sehingga membantu petugas medis di Kota Cirebon dalam menangani pasien corona. Azis menambahkan, dalam bantuan tersebut juga terdapat alat rapid test yang diperlukan Dinas Kesehatan Kota Cirebon dan RS Gunung Jati.  

“Kami akan segera salurkan dan tentunya melengkapi alat yang juga sedang dipesan Dinas Kesehatan,” tandasnya.

Enggar juga memberikan bantuan kepada para medis di Jakarta, Solo, Yogyakarta dan Banyuwangi. Dirinya juga turun langsung mengecek keberadaan dan kebutuhan APD dan lainnya melalui berbagai jaringan di Tanah Air. Yang dilakukannya itu terinspirasi manajemen walking around yang dilakukan  keseharian Presiden Jokowi, turun langsung ke lapangan.

Baca juga : Pertamina EP Salurkan Bantuan APD Ke RS Rujukan Covid-19

“Inilah saatnya kita berbuat. Wabah seperti ini tak pernah terjadi. Saudara-saudara kita bergelimpangan, apa bisa kita diam? Tidak kan. Kita harus berurunan tangan, semuanya,” kata Enggar di kesempatan terpisah.

Sumbangan guna penanganan Covid-19 ini adalah kali kelima yang diberangkatkan Enggar, Sumadi Seng dan Then Herry. Yang berhasil digalang Enggar meliputi 1,3 juta masker bedah, 300.000 masker KN-95, 40.000 pelindung wajah (face shield), 60.000 medical safety suit (alat pelindung diri/APD), dan sarung tangan medis 100.000 set. Selain itu, Enggar dan Yayasan Sahati juga menyiapkan 175 ribu unit alat rapid test dan yang akan datang adalah 30 unit ventilator.

Sementara, bantuan kepada Pemkot Cirebon difasilitasi Rio Abdurahman, mewakili Enggar.

Baca juga : Kirim Bantuan APD ke Kebumen, Bamsoet Ingin Bangkitkan Jiwa Gotong Royong

Di kesempatan tersebut, Rio yang  mewakili Enggar mengatakan, pihaknya menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kota CIrebon terutama tim medis untuk menghadapi penyebaran infeksi Covid-19. Bantuan diharapkan meringankan beban para medis dalam bekerja.

“Pak Enggar raganya di Jakarta tapi jiwanya tetap d Cirebon. Beliau sangat peduli dan perhatian terhadap kondisi masyarakat Cirebon terutama petugas medis dalam penanganan Covid-19,” ujar Rio. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.