Dark/Light Mode

Teknisnya Diumumkan Hari Ini

6 Mei, Jawa Barat Terapkan PSBB Serentak

Sabtu, 2 Mei 2020 08:32 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Tiru Anak Sekolah

Kang Emil mengungkap, hingga kini di Jabar tidak ada kasus positif Covid-19 yang menjangkiti anak usia sekolah. Hal ini disebabkan anak-anak sekolah mematuhi kebijakan sekolah agar bersekolah di rumah dan selama itu tidak main ke mana-mana.

Baca juga : BKS Siap Sumbangkan Plasma Darah Untuk Terapi Pasien Corona

“Hampir tidak ditemukan kasus Covid-19 di anak sekolah. Ini mengindikasikan anak sekolah adalah kelompok masyarakat paling disiplin, nurut ke orang tua dan guru. Kalau mau Covid-19 ini beres, tirulah kedisiplinan anak- anak sekolah,” katanya.

Mobilitas kalangan millenial produktif di Jabar terbilang masih tinggi, meski tengah menjalani PSBB. Dari total kasus positif Covid-19 di Indonesia, 60 persennya menjangkiti kaum pria dengan rata-rata usia 50 tahun ke atas. Makin tingggi usia makin rendah imunitas.

Baca juga : KSBSI: Aksi Buruh 30 April Diputuskan 1-2 Hari Ini, Tunggu Pernyataan Presiden

“Para penular Covid-19 adalah lelaki milenial yang produktif. Jadi kepada para lelaki yang milenial, kalau mau Covid-19 ini beres, dapat bisnis lagi, hayuk kita repot sama- sama di PSBB Jabar,” kata Kang Emil.

Ia optimistis PSBB Jabar akan membuahkan hasil positif. Menurutnya, kunci keberhasilan PSBB Jabar sekarang ada tiga, yakni disiplin, tes masif (RDT/PCR), dan penghayatan Bulan Suci Ramadhan.

Baca juga : Menkes Terapkan PSBB di Jabar dan Kota Tegal

“Kami meyakini ada hikmahnya di bulan Ramadhan. Masyarakat banyak di rumah untuk ibadah, imannya tinggi, rajin ibadah imunitas naik. Insya Allah, hal-hal positif tadi bisa kita dapatkan. Di bulan Ramadhan ini, pemudik dilarang. Sehingga, kami tidak mendapati kasus-kasus impor lagi,” kata Kang Emil. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.