Dark/Light Mode

Hari Raya Waisak Di Tengah Pandemi

Momentum Teladani Welas Asih Sidharta Gautama

Rabu, 6 Mei 2020 17:05 WIB
Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo. Foto: Twitter @anthonyadyahayu
Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo. Foto: Twitter @anthonyadyahayu

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengucapkan selamat Hari Raya Waisak 2564 BE yang jatuh pada Kamis 7 Mei 2020. 

Perayaan Waisak ini begitu spesial sebab pada hari ini umat Buddha akan memperingati tiga peristiwa penting.

Ketiga peristiwa penting itu yakni lahirnya Sidharta Gautama, penemu dan pencetus Agama Buddha, tercapainya Sidharta Gautama dalam tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha, dan hari di mana Buddha Gautama wafat. 

Baca juga : Isi Ramadhan di Tengah Pandemi Corona, KBRI Roma Gelar Web-Rahmah

Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo menjelaskan, masyarakat dapat belajar dari Sidharta Gautama yang senantiasa mengajarkan keutamaan dalam dharma. 

Ajaran Sidharta harus senantiasa diterapkan apalagi di tengah pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia.

"BPIP mengucapkan selamat hari raya Waisak. Dalam menghadapi Covid-19 kita bisa belajar dari Sidharta Gautama mengajarkan keutaman dalam dharma. Intinya welas dan cinta kasih kepada semua mahluk hidup," ujar Romo Benny dalam keterangannya, Rabu (06/04).

Baca juga : Ini 7 Kebijakan Strategis Kemendag di Tengah Pandemi Covid-19

Romo Benny menjelaskan dharma dibutuhkan bangsa Indonesia dalam merespon pandemi Covid-19. Saling membantu sesama manusia yang mengalami penderitaan akibat badai Covid-19.


"Dharma bahasa cinta itu memberi kepada mereka membutuhkan. Inilah teladan Sidharta Gautama agar semua umat manusia di dunia berbakti kepada sesama lewat upaya solidaritas kemanusian," tandas Benny.

Dia yakin, jika seluruh elemen masyarakat bersatu dan saling membantu, bangsa Indonesia mampu bangkit mengatasi dampak virus Covid-19.

Baca juga : Di Tengah Pandemi Covid-19, Pisang Mas Kirana Makin Diburu Warga

"Bersatu padu mengatasi Covid-19 dengan semangat dharma untuk bangsa. Bersama bergotong royong untuk bergerak bersatu saling berbagi. Saya yakin bangsa ini mampu melewati cobaan dan bangkit dari pandemi Covid-19," pungkasnya. [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.