Dark/Light Mode

Difasilitasi Kedubes RI Di Beijing

Perawat Kita Belajar Tangani Pasien Covid-19 Langsung Dari Ahlinya

Selasa, 12 Mei 2020 18:33 WIB
Tampilan layar saat para perawat dari China memberikan pelatihan cara menangani pasien corona. Foto: Kedubes RI Beijing
Tampilan layar saat para perawat dari China memberikan pelatihan cara menangani pasien corona. Foto: Kedubes RI Beijing

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Perawat Internasional, Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, China, mengadakan webinar bersama para perawat dari Negeri Tirai Bambu. Webinar kali ini mengenai pelatihan tata cara penanganan garda terdepan Covid-19 bersama pakar dari China. 

Target kegiatan kali ini adalah para perawat yang menangani pandemi Covid-19 dari berbagai rumah sakit di Indonesia. 

Seminar kali ini mengundang para pembicara pakar dari China seperti dari Beijing Chaoyang Hospital dan Peking University Third Hospital, yang menjadi garda terdepan saat menangani Covid-19 di Negeri Tirai Bambu. 

Baca juga : Distribusi BBM Tetap Lancar di Tengah Pandemi Covid-19

Para panelis merupakan para ahli medis dari Beijing Chaoyang Hospital yaitu Gao Fengli, Director of Nursing Department Zhang Chunyan, Head Nurse Respiratory Intensive Care Unit Li Qianqian, Nursing Educator of Emergency Intensive Care Unit (EICU)/ Deputy Secretary of the Party Branch of Hospital's Medical Team to Wuhan dan para ahli medis dari Peking University Third Hospital yaitu Li Baohua, Director of Nursing Department Wang Yating, Nurse of Cardiology Department/ Member of the PUTH National Aiding Team to Hubei Li Yuxuan serta Head Nurse of the PUTH National Aiding Team to Hubei.

Beijing Chaoyang Hospital dan Peking University Third Hospital yang berlokasi di Beijing adalah rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani kasus Covid-19, dan juga mengirimkan tim medis untuk membantu penanganan Covid-19 di Wuhan, Provinsi Hubei termasuk di antaranya menangani pasien-pasien kritis.

Sekitar 200 orang peserta aktif yang terdiri dari para perawat dari berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia ikut serta dalam webinar ini. Topik diskusi antara lain terkait strategi penanganan pasien parah, dan pendampingan psikologis dalam menghadapi pandemi. 
Para peserta mengikuti kegiatan webinar dengan penuh antusias, terlihat dari banyaknya respon dan komentar positif dari para peserta selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini memberikan lesson learnt para perawat di China dalam menangani pasien Covid-19, sehingga diharapkan dapat turut berkontribusi untuk bekal para perawat Indonesia dalam menangani pasien Covid-19 di tanah air.

Baca juga : Bamsoet: Pemulihan Ekonomi Bisa Dimulai Setelah Kita Menang Lawan Covid-19

Dalam sambutan penutup, Duta Besar RI Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Republik Indonesia dengan Republik Rakyat China.

"Kami sangat mengapresiasi seluruh stakeholder yang mewujudkan kegiatan ini sehingga dapat berlangsung dengan lancar. Kami juga berharap hal serupa dapat berlangsung di masa yang akan datang sebagai wadah untuk berbagi pengalaman antar para tenaga medis," ujar Dubes Djauhari.
KBRI Beijing akan terus berupaya bekerja sama dengan para narasumber yang ada di China untuk menyelenggarakan webinar serupa di waktu kedepan untuk memfasilitasi para tenaga medis di Indonesia mendapatkan informasi terkait pencegahan dan penanganan wabah Covid-19, sebagai pembelajaran bersama. 

Sebelumnya, KBRI Beijing sukses menggelar webinar pelatihan tata cara penanganan garda terdepan Covid-19 bersama pakar dari Tiongkok dua pekan lalu. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.