Dark/Light Mode

Penumpukan di Terminal 2 Soetta, Penumpang Datangnya Mepet

Kamis, 14 Mei 2020 13:46 WIB
Penumpukan penumpang yang sempat terjadi di Terminal 2 Soetta. (Foto: Istimewa)
Penumpukan penumpang yang sempat terjadi di Terminal 2 Soetta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gakkum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Eko membenarkan bejubelnya penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Dari hasil koordinasi dengan Kepala Otoritas Bandara I, menumpuknya penumpang di pintu masuk, tempat pemeriksaan, hingga ruang tunggu. Penumpukkan terjadi karena penumpang datang di waktu yang bersamaan.

Baca juga : Alvin Lie: Ada Maskapai Tak Jujur Soal Penjualan Tiket

"Benar. Kejadian tersebut antara pukul 06.00 sampai dengan 08.00, di mana penumpang dianjurkan datang tiga jam sebelum keberangkatan. Ternyata, para penumpang datangnya pada waktu yang mepet sehingga berbenturan dengan penumpang berikutnya," terang Eko dalam keterangannya, Kamis (14/5).

Baca juga : Pelni Jual Tiket Penumpang Lagi

Diketahui, PT Angkasa Pura II (Persero) meminta calon penumpang pesawat untuk tiba lebih awal tiga sampai empat jam sebelum keberangkatan. Hal ini untuk memenuhi syarat-syarat yang wajib dipenuhi, sebagaimana tercantum pada Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Prosedur baru ini juga dijalankan di semua bandara yang dikelola perseroan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan dan telah diimplementasikan bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H.

Baca juga : Tiba di Bandara Soekarno Hatta, Penumpang Jalani Rapid Test

Ditambahkan Eko, kondisi penumpukan penumpang diperparah karena maskapai Batik membuka sekaligus 11 penerbangan pagi hari. Saat ini, tambah Eko, Satgas Bandara tengah rapat dengan komunitas bandara untuk menindaklanjuti persoalan tersebut. "Dengan mengubah SOP dalam menerima kedatangan calon penumpang yang akan melaksanakan penerbangan," ujarnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.