Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

OKP Nasional Ajak Masyarakat Bangun Pilkada Jurdil dan Aman Covid-19

Senin, 15 Juni 2020 07:55 WIB
Ketua Umum Generasi Muda Islam Betawi (Gemuis Betawi) Mujahidin saat penandatanganan dukungannya Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Minggu (14/06).
Ketua Umum Generasi Muda Islam Betawi (Gemuis Betawi) Mujahidin saat penandatanganan dukungannya Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Minggu (14/06).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) Nasional menyatakan dukungannya dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang akan digelar pada, 9 Desember 2020, aman dari wabah Corona.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Generasi Muda Islam Betawi (Gemuis Betawi), Mujahidin dalam keterangan pers, Senin (15/06)

Dalam deklarasinya, Mujahidin siap mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak di masa pandemi secara jurdil dan aman. 

Baca juga : 200 Daerah Berstatus Aman Dan Berisiko Rendah Corona

“Semua elemen bangsa harus bersatu mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak secara jurdil, bebas korupsi dan aman Covid,” ujar pria jebolan Tehnik Unkris ini. 
  
Untuk mengawal pesta demokrasi lima tahunan itu, putra Betawi ini  menyebut diperlukan sinergitas, soliditas, dan profesional oleh semuan elemen bangsa, baik OKP, TNI dan Polri untuk menyukseskan Pilkada nanti.

Menurutnya, dengan adanya sinergitas kaum muda akan bisa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala bentuk ancaman serta konflik.  

Kordinator Seknas Indonesia Maju, Rusdi Ali Hanafia mengatakan, pelaksanaan Pilkada menjadi tantangan demokrasi tersendiri di masa pandemi ini. 

Baca juga : Panglima TNI Puji NU Bantu Masyarakat Terdampak Covid

"Kami pimpinan 24 OKP nasional setuju dan akan mengawal pelaksanaan Pilkada tahun ini dengan aman dan bebas wabah corona," kata Rusdi dalam Deklarasi Dukungan dan Pernyataan Sikapnya di Jakarta, Minggu (14/06).

Menurutnya, kebijakan pemerintah dalam Pilkada harus tetap memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang ketat sesuai standar WHO yang diawasi oleh Gugus Tugas Penanganan Covid19 dan Kementerian Kesehatan.

“Pelaksanaan tahapan Pilkada harus mematuhi protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak saat berinteraksi, memakai masker, rajin cuci tangan, serta menyemprotkan disinfektan secara berkala. Pemda dan KPUD harus mewaspadai risiko penularan Covid-19 di wilayah masing masing," pesan Rusdi.

Baca juga : Yang Mau Lapor Soal Tagihan Listrik, Silakan

Selain itu, OKP Nasional akan mengawal penyusunan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)  tentang meniadakan kampanye yang melibatkan orang banyak di zona merah dan menggantinya dengan kampanye secara virtual melalui video conference
 
“Sosialisasi secara massif terkait prosedur pelaksanaan pilkada dan protokol kesehatan harus dilakukan di masyarakat. Kami mengimbau dan mengajak seluruh elemen bangsa, pegiat demokrasi dan stakeholder terkait untuk sukseskan pelaksanaan Pilkada demi tegaknya demokrasi,” tandasnya.

Adapun OKP Nasional yang mendukung Pilkada Serentak, yaitu Seknas Indonesia Maju-DPP Gema 165, PP Gemaku, BMD, PB Semmi, GMKB, Gema Kosgoro, Gerakan Pemuda daerah, DPP Baja berkarya, DPP Pemuda Islam, Fokusmaker, IPPI, Gemuis Betawi, PP Himmah, Muslim Life, PHAI, GMPSM, PPNI, PBN, PBB, Isara, Pemuda Bulan Bintang, AMMDI dan Gema Hanura. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.