Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Juli, Partainya Prabowo Keluarin Rekomendasi di Kota Medan dan Solo

Rabu, 17 Juni 2020 07:23 WIB
Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Istimewa)
Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra belum mengeluarkan rekomendasi untuk Pilkada Kota Medan dan Kota Solo. Surat sakti diperkirakan baru keluar awal Juli 2020

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, partainya belum mengeluarkan rekomendasi calon di Pilkada Kota Solo dan Kota Medan. “Untuk Sumut dan Solo, juga banyak daerah lain Partai Gerindra memang belum mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi,” ujarnya, kemarin. 

Baca juga : Patuhi Protokol Kesehatan, Menpora Lantik 90 Pejabat di Halaman Kantor

Gerindra di Kota Solo memiliki 3 kursi DPRD. Sementara, di Kota Medan, Gerindra meraih 10 kursi. Jawaban siapa akan diusung Gerindra, sebutnya, kemungkinan besar baru keluar Juli 2020. Sehingga, ada kejelasan siapa akan diusung. “Diharapkan awal Juli sudah ada kejelasan mengenai rekomendasi untuk di beberapa daerah tertentu, terutama Gerindra akan mendukung siapa,” jelasnya. 

Disinggung soal anggaran pilkada, Dasco berharap persoalan dana tidak menghambat keputusan pelaksanaan Pilkada 2020. Diketahui, berdasarkan Perppu Nomor 2 Tahun 2020, pilkada serentak yang semula dijadwalkan 23 September akan digelar 9 Desember 2020. Tahapan pilkada sempat ditunda karena pandemi Covid-19 telah dimulai lagi pada 15 Juni. “Saya pikir kendala anggaran dan lain-lain itu jangan kemudian membuat apa yang sudah diputuskan dan disepakati jadi tidak berjalan,” ujarnya. 

Baca juga : PDIP Rekomendasikan Anak Pramono Anung

Dasco pun mengatakan, DPR akan mengawasi seluruh tahapan Pilkada 2020. “Saya pikir pengawasan tahapan pilkada bisa dilakukan sesuai dengan tahapan ada,” ujarnya. 

Sikap berbeda justru ditunjukkan Golkar. Beringin justru 100 persen siap mendukung putra Jokowi Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Kota Solo dan menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Kota Medan. “Dukungan kepada Gibran dan Bobby sudah final, karena berdasarkan hasil survei berpotensi menang dan trennya naik terus,” ujarnya. 

Baca juga : Garuda Pastikan Tak Ada Kenaikan Tiket di Era New Normal

Di DPRD Kota Medan, Golkar memiliki 4 kursi. Sementara, DPRD Solo, Golkar memiliki 3 kursi. Meski bisa maju hanya dengan dukungan PDIP, Golkar tetap mendukung Gibran. Diakuinya, Golkar di pemilu akan selalu memprioritaskan kader. Namun, hal itu tak boleh mengesampingkan potensi kemenangan. Itulah alasan mengapa Golkar mendukung Bobby dan Gibran. “Hampir seluruh daerah kita memprioritaskan kader, namun tanpa mengesampingkan aspek survei dan potensi kemenangan,” tutupnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.