Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bertarung di Tengah Pandemi Corona

Rian Ernest-Yusiani Siap Seribu Persen

Kamis, 18 Juni 2020 07:51 WIB
Jubir PSI Rian Ernest (Foto: Istimewa)
Jubir PSI Rian Ernest (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga menjadi satu-satunya bakal pasangan calon perseorangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam tahun 2020 yang berhasil menyerahkan 48.919 dukungan kepada KPU Kota Batam pada 24 Februari 2020. Bukan itu saja, mereka pun siap menghadapi tantangan pilkada meski dalam masa The New Normal ini. 

“Kami siap seribu persen. Relawan Batam Baru sedang rapatkan barisan,” kata Rian, kemarin. 

Baca juga : Bagi Melly Goeslaw, Pandemi Corona Lebih Parah Dari Demo 1998

Rian mengatakan, bagi penantang seperti mereka, tentu situasi pandemi tidaklah mudah. Apalagi angka peningkatan kasus Covid-19 di Batam pun tidak menggembirakan karena persoalan di lapangan. “Menghadapi tantangan luar biasa ini, optimisme saja tidak cukup, kami harus bekerja 10 kali lebih keras. Tim kami telah bekerja luar biasa mempersiapkan skenario menghadapi tahapan Pilkada The New Normal ini,” ujarnya. 

Rian mengatakan, ada banyak pertanyaan selama masa Covid-19 soal langkah gerak tim Batam Baru. Jubir Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini mengakui, sebagai sebuah gerakan, maka gerakan ini bukanlah gerakan yang berdana besar. “Plus kami selalu mengutamakan keselamatan timses dan warga. Alhasil selama puncak Covid-19 gelombang pertama, kami sedikit menahan diri utuk berkeliling,” jelasnya. 

Baca juga : Mudahkan Pemeriksaan Kesehatan di Masa Pandemi, Prodia Hadirkan Telekonsultasi bagi Pelanggan

Saat ini, Rian dan tim mengaku sedang mempersiapkan tahapan verifikasifaktual yang direncanakan akan dimulai 24 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020. “Jalan kami sebagai bakal pasangan calon perseorangan (independen) untuk ikut dalam Pilkada 2020 masih cukup panjang, masih ada tahapan verifikasi faktual,” bebernya. 

Tapi, lanjut Rian, dirinya dan tim sangat siap untuk verifikasi faktual dan akan memberikan data yang lengkap. “Untuk itu kami mohon doa dan dukungan dari teman-teman dan masyarakat Batam Baru.” 

Baca juga : PLN Genjot Pembangunan Transmisi Di Kalimantan Barat

Di samping itu, Rian juga mendoakan agar KPU dan Bawaslu Kota Batam dapat tetap bekerja maksimal meski dalam masa pandemi saat ini. “Pelaksaanan Pilkada serentak 2020 menjadi tantangan demokrasi tersendiri. Selain menjamin kedaulatan rakyat, juga menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat. Saya berharap agar dana dan pelengkap KPU dan Bawaslu Batam telah siap dan lengkap. Keselamatan teman-teman di lapangan adalah yang utama,” tutupnya. 

Seperti diketahui, Pilkada 2020 direncanakan dilaksanakan 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. KPU pun telah menerbitkan tahapan, jadwal dan program Pilkada Tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 melalui Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020. Itu artinya, tahapan verifikasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan (independen) yang sebelumnya sempat terhenti juga akan kembali dilaksanakan. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.